LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Rabu, 27 Februari 2013

Koneksi Hp Modem Smartfren Evdo Di Linux Ubuntu 12.04

Hallo Freund, wie geht es Ihnen heute? Ich möchte Ihnen einige Tutorial über linux-Verbindung. Baiklah sedikit berbahasa Jerman supaya yang baca rada bingung ya sobat. Begini nih sobat, kali ini Ast akan share tutorial lagi tentang "Koneksi Hp Modem Smartfren Evdo Di Linux Ubuntu 12.04". Sebetulnya tutorial ini bisa untuk modem jenis apapun kok GSM, CDMA juga bisa type apapun juga bisa.

Pertama-tama Ast menggunakan Linux, "duh susah ya koneksinya gak seperti di windows" keluh Ast. Mungkin diantara sobat-sobat Ast ada yang menpunyai problem yang sama?. Ya memang sesuatau itu ada kurang ada lebih nya. Linux berkelebihan "Aman dan Free atau Open Source" sedangkan Windows berkelebihan "User Friendly atau Ramah Digunakan Semua Serba Mudah Walau Untuk Orang Awam Sekalipun".

Baiklah bagi sobat-sobat yang masih belum menggunakan "Linux" tertarik kah? menggunakannya?. Mari kita simak ulasannya "Koneksi Hp Modem Smartfren Evdo Di Linux Ubuntu 12.04" :

Silahkan sobat buka terminal linux lebih dahulu, CTRL+ALT+T. Lalu ketikan "Sudo lsusb" masukan password user ubuntu sobat dan lihat gambar ;


Perlu diperhatikan jika gambar pada setiap posting Ast kurang jelas di download saja ya sobat. Jika sudah silahkan buka di laptop/pc sobat dan perbesar gambarnya atau "Zoom" supaya apa? supaya sobat sekalian gampang melihat apa yang Ast beri tanda disetiap gambar itu. Jika memang dirasa repot dan sudah mengerti apa yang Ast maksud ya alhamdulillah.

Baik kembali ke pokok pembahasan, sobat lihat kan gambar diatas yang bertuliskan "Bus 003 Device 005: ID 1bbb:011f T & A Mobile Phones" 011f itu adalah modem hp smartfren Ast yang masih dibaca linux sebagai usb cd room. Nah disini masalah kita, bagaimana supaya linux membacanya sebagai modem?. Lihat lagi gambar dibawah ;


Nah sementara sebelum membuat modem terkenali di linux, kita setting untuk dial up modem nya dahulu ya sobat Ast. Buka terminal baru di linux CTRL+ALT+T lalu seperti biasa masukan password user ubuntu sobat. ketikan "Sudo gedit /etc/wvdial.conf". Silahkan sobat lihat gambar dan copas code dibawah ini ;

[Dialer smart]
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Carier Check = no
Modem = /dev/ttyUSB0
Command Line = ATDT
Phone = #777
Idle Seconds = 0
Password = smart
Modem Type = Analog Modem
Stupid Mode = yes
Baud = 460800
New PPPD = yes
Ask Password = 0
ISDN = 0
Username = smart

Notes:

1. Dialer smart nah nama smart disini akan kita jadikan sebagai pemanggil ketika modem kita butuhkan. Bisa juga jika sobat mau merubah nya ganti dengan nama apapun juga bisa, disini dinamakan smart supaya gampang saja ketika memanggilnya.

Jika sudah mari lihat gambar ;


Silahkan sobat ketikan "Sudo /dev/sr1 atau sr0" diperhaikan dahulu ya tulisan Ast ini jangan langsung dipraktekan karena nanti Ast akan beri keterangannya untuk maksud atau itu. Setelah Ast selesai ejecting modem yang terbaca usb cd room tadi sekarang modem smartfren Ast sudah terbaca modem. Buktinya? silahkan dibandingkan dengan yang sebelum nya apa yang berbeda. "Bus 003 Device 012: ID 1bbb:0106 T & A Mobile Phones" 0106 itu adalah modem hp smartfren evdo Ast sobat, nah ini beda nya dari yang sebelum kita eject tadi yang menunjukan usb cd room 011f.

Notes :

1. Sobat yang Ast maksud "sr1 atau sr0" disini adalah, jika sobat enter sr1 terjadi kesalahan setelah dicek lsusb ternyata masih usb cd room itu artinya modem sobat terletak di sr0. Atau jika sobat enter sr1 malah cd romm pc/laptop sobat yang eject berarti modem sobat terletek di sr0 begitu juga sebaliknya.

2. Cara lain untuk mendeteksi modem sobat adalah dengan mengetik "ls /dev/ttyUSB*". Jangan lupa tekan enter setiap sehabis mengetik di terminal.

Nah sobat Ast tadi kan modem sudah terkenali, sekarang tugas Ast tinggal meng koneksikan modem tersebut saja agar bisa dipakai ber internet. Jika tadi Ast sebelumnya sudah configurasi dial up dan eject modem sekarang ketikan "modprobe usbserial vendor=0x1bbb product=0x0106". Ikuti Ast dulu ya jangan di praktekan dulu nanti Ast akan berikan keterangan. coba sobat lihat gambar ;


Notes :

1. "modprobe usbserial vendor=0x1bbb product=0x0106" ini adalah standarisasi di linux untuk mendeteksi perangkat modem. Vendor=0x1bbb adalah kode device hp smartfren evdo Ast. product=0x0106 adalah kode bahwa device tersebut berupa modem dan bukan lagi usb cd room seperti 011f tadi.

2. jika sobat membuka terminal baru misalkan sobat ingin meng eject modem /dev/sr1 itu harus ada "Sudo" jadi "Sudo eject /dev/sr1" sudo ini seperti hak akses ya sobat jadi tidak semua orang bisa meng akses kode-kode penting sobat di linux ada juga nano dan sebagainya Ast gak hafal satu per satu. Nah jika sobat masih dalam satu terminal sobat ingin mengetik "modprobe usbserial vendor=0x1bbb product=0x0106" boleh pake sudo lagi boleh tidak jadinya begini "modprobe usbserial vendor=0x1bbb product=0x0106" kok begitu? ya kan tadi sobat sudah memasukan password user ubuntu sobat pas pertama sobat ketik "Sudo eject /dev/sr1". Paham ya!

Lalu Ast akan langsung mengkoneksikan modem nya, dengan cara ketik "wvdial smart" atau boleh juga "Sudo wvdial smart" lihat gambar ;


Yang Ast berikan kotak merah itu dibawah yang berarti modem sudah siap koneksi ke internet alias "Connected". lihat gambar ;



Untuk meyakinkan bahwa modem konek atau tidak silahkan ketik "ping google.com" di terminal dan gak usah pake sudo. Atau bisa langsung buka browser.

Cukup sekian sobat jika ada kebingungan silahkan ditannyakan. Guten Nacht, und auf wiederhören...

Created : Aster Prescott
Notes : Jika ada kebingungan silahkan ditannyakan.



Artikel Terkait Ubuntu Linux


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.