LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Senin, 08 April 2013

Apa Sih Perbedaan Install Manual Dan Otomatis Dalam Linux?

ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, hallo selamat siang sobat Ast, mungkin sebagian pengguna linux yang masih pemula masih binggung tentang install manual, otomatis, repository online, dll. Nah disini nih tugas Ast memberi sobat-sobat pencerahan. 

Tentu dalam masing-masing OS sudah tersedia style-nya masing-masing ya sobat. Windows dengan user friendly-nya mampu membius kalangan awam untuk langsung menguasai windows. Linux dengan keamanannya mampu membuat OS yang tidak segampang OS windows untuk diserang virus, maupun hacker. 

Tetapi dalam prakteknya OS linux ini memang tidak semudah windows untuk dikuasai butuh waktu dan kesabaran. Jikalau windows sudah muncul gejala-gejala error dan rusak, masih bisa dipulihkan dengan sedikit main system restore. Jika di linux??? silahkan pilih mau install ulang atau cari solusinya tannya sama master-master linux yang handal "yang jika menjawab LUamaKnyaaaaaa setahun keburu kisut nih kening mikir gak bisa-bisa". Dan jikalau dibalas juga sering jawabannya gak bisa memecahkan masalah, jika Ast mempunyai masalah tersebut Ast mending gak usah tannya dah daripada sakit hati atau Ast install ulang.

Kembali pada pembahasan "Apa Sih Perbedaan Install Manual Dan Otomatis Dalam Linux?", perbedaan yang paling dasar adalah jika install otomatis sobat perlu koneksi internet dan tinggal pilih aplikasi mana yang sobat suka dan gak repot, jika install manual sobat sebelumnya sudah mempunyai file deb,tar atau lainnya yang sudah siap untuk diinstall dengan sedikit usaha untuk prosesnya. Contoh ;


Dalam gambar diatas proses install yang Ast lakukan dengan menggunakan "Ubuntu Software Center" dan dalam prosesnya kita akan lebih gampang dengan cara pilih aplikasi yang disukai dan click lalu pilih install dan proses install akan berjalan. Masalah yang sering dijumpai dalam proses install online seperti ini adalah "kecepatan internet" kalian tahu kan di negara tercinta kita Indonesia ini masih bannyak operator penipu bilang cepat-cepat bahkan paling cepat sejagad!!! tahunya malah tempe maklum orang cari makan jaman sekarang semua cara "HALAL" asal jangan jujur aja nanti takut kelaparan. Coba sobat lihat gambar dibawah ini juga ;


Dalam gambar diatas Ast menggunakan "Synaptic Pacage Manager" untuk proses install-nya. Ya sama saja dengan cara online dan lebih gampang seperti "Ubuntu Software Center". Tapi kelemahannya jika sobat baru dan gak akrab dengan "Synaptic Pacage Manager" ini pasti deh Ast jamin binggung harus apa dan bagaimana. Seperti Ast dulu gitu, kelemahan lainnya yaitu sama masalah kecepatan internet juga. Jika yang punnya kecepatan melimpah mah gak usah khawatir ya tinggal click-click aja sambil ngupil kelar.

Nah itu dia dua dari sekian bannyak cara untuk install online, sebetulnya bisa juga melalui terminal tapi Ast kasih tahu yang entu aja deh ya sobat. Nah untuk cara yang dibawah ini kita akan menginstall offline alias manual. Silahkan lihat gambar ;


Gimana sobat binggung?, entu tuh repository/installer/applications Ast yang sudah Ast ambil dari folder file system>>var>>cache>>apt. Itu baru applikasi-nya doang sobat repository seperti update dll masih bannyak lagi. Supaya apa Ast? supaya jika suatu saat kita install ulang ubuntu ini karena suatu masalah dan untuk updatenya gak perlu update dari ulang sobat "jika sobat melakukan update ulang besar filenya bisa 2.2GB seperti repository Ast ini bisa lebih lho bahkan yang dalam DVD repository itu bisa 20GB "jaw dropping -kaget dong kaget expresinya maneeeeeee...-", gimana buat amsyong kan. Nah dimana pembahasan install manualnya bung Ast!!! waduh... sabar bungkusan entu kan ana baru jelasin sedikit tentang kumpulan repository nanti lain kali yang ini kita kupas tuntas Insya Allah....

Nah repository yang Ast simpan itulah yang jika kita install akan menjadi namanya install manual. Tahu kan caranya install manual sobat Ast, entu tuh yang barusan Ast posting tentang Cara Install File Deb Di Ubuntu 12.04. Dan prosesnya lewat terminal dulu lalu kita tuliskan mantera-mantera khas linux lalu jadi deh aplikasi siap launch kita. Kelebihannya sih lebih simple dalam urusan internet kita tidak membutuhkannya lagi dan jika mau install di pc/laptop linux tetangga gak perlu repot connect internet dulu kan sudah disimpan tuh installer-nya. Jika masalah kekurangan sih pastinnya lebih ribed, jika belum terbiasa harus menghafal manteranya itu lho sobat. 

Itu dia sedikit iseng membahas tentang install manual dan otomatis dalam linux. Ini hannya pencerahannya saja sobat Ast seharusnya sih bisa mencerahkan tapi yang namanya binggung mah bisa aja kan sobat. Maka dari itu nanti Insya Allah Ast akan bahas juga tentang "apa itu Repository" dan bagaimana cara menyimpan serta menggunakannya kembali. 

Sekian dulu sobat dari Ast, jika binggung silahkan tannyakan sobat. Selamat siang, have a nice day see you again...

Created : Aster Prescott



Artikel Terkait Ubuntu Linux


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.