LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Selasa, 16 April 2013

Otak Manusia Fakta Dan Ulasannya

Fungsi pada otak kanan dan otak kiri


ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, guten Morgen sobat Ast sekalian, bagaimana kabar sobat sekalian pagi ini, insya Allah semua baik dan sehat ya. Kali ini artikel Ast akan membahas tentang otak. Teringat waktu Ast post di FP salah satu sobat FP Ast meninggalkan komentar koreksi, tentang fungsi otak yang berlawanan. Dari situ Ast mulai mencari apakah otak kanan dan otak kiri memang betul mengatur fungsi tubuh yang berlawanan???, nah ketemu deh ini jawabannya silahkan disimak ;

Otak (bahasa Inggris: encephalon) adalah pusat sistem saraf (bahasa Inggris: central nervous system, CNS) pada vertebrata dan banyak invertebrata lainnya.

Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf didalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Otak terbentuk dari dua jenis sel: glia dan neuron. Glia berfungsi untuk menunjang dan melindungi neuron, sedangkan neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang di kenal sebagai potensi aksi. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan keseluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang disebut neurotransmiter. Neurotransmiter ini dikirimkan pada celah yang dikenal sebagai sinapsis. Avertebrata seperti serangga mungkin mempunyai jutaan neuron pada otaknya, vertebrata besar bisa mempunyai hingga seratus miliar neuron.

Neuron otak mengandung dua jenis asam lemak PUFA (bahasa Inggris: polyunsaturated fatty acids), yaitu asam arakidonat (AA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA) yang terletak pada posisi sn2 dari molekul fosfogliserida dalam membran sel neuron. PUFA dapat terlepas dari fosfogliserida oleh stimulasi fosfolipase PLA-2. Molekul AA yang terlepas akan diproses oleh enzim siklo oksigenase menjadi prostaglandin dan tromboksana, atau diproses oleh enzim 5-lipo oksigenase menjadi lipoksin. Baik AA maupun DHA dapat diproses oleh enzim lipo oksigenase guna membentuk senyawa turunan hidroksi dan leukotriena.

Bagian-Bagian Otak Manusia :


Otak Besar
Otak besar (bahasa Inggris: telencephalon, cerebrum) adalah bagian depan yang paling menonjol dari otak depan. Otak besar terdiri dari dua belahan, yaitu belahan kiri dan kanan. Setiap belahan mengatur dan melayani tubuh yang berlawanan, belahan kiri mengatur tubuh bagian kanan dan sebaliknya. Jika otak belahan kiri mengalami gangguan maka tubuh bagian kanan akan mengalami gangguan, bahkan kelumpuhan (ternyata Roza Liana benar sob fungsi otak itu berlawanan sep deh! buat mbak Roza Liana terimakasih atas koreksinya). Tiap belahan otak depan terbagi menjadi empat lobus yaitu frontal, pariental, okspital, dan temporal. Antara lobus frontal dan lobus pariental dipisahkan oleh sulkus sentralis atau celah Rolando.

Otak Tengah
Otak tengah terdiri dari, tektum dan cerebral peduncle. Keduanya sangat berperan  dalam proses pendengaran dan penglihatan. Proses pendengaran dimulai dari sebuah sinyal yang diterima dari berbagai inti batang otak disebarkan menuju talamus. Setelah itu, kita bisa mendengar suara.  Selain pendengaran, otak tengah pun juga berperan sebagai proses penglihatan dan pengendalian gerak mata. Jika otak ini tidak berfungsi dengan baik, penglihatan pun jadi terganggu.

Otak Belakang
Otak Belakang (Rombesenfalon) pada Manusia : Struktur Fungsi Bagian Otak belakang manusia tersusun atas dua bagian utama yakni otak kecil (serebelum) dan medula oblongata. Serebelum adalah bagian yang berkerut di bagian belakang otak, dan terdiri atas dua belahan yang berliku-liku sangat dalam. Fungsinya adalah sebagai pusat keseimbangan dalam tubuh, koordinasi motorik/gerakan otot, dan memantau kedudukan posisi tubuh. Adanya serebelum memungkinkan kita belajar gerakan yang terlatih dan saksama, seperti menulis atau bermain musik tanpa berpikir. Di antara kedua belahan serebelum terdapat suatu bagian yang berisi serabut saraf. Bagian tersebut dinamakan jembatan varol (pons varolii). Fungsinya ialah menghantarkan impuls dari bagian kiri dan kanan otak kecil. Selain itu, jembatan varol juga menghubungkan korteks otak besar dengan otak kecil, dan antara otak depan dengan sumsum tulang belakang. Sementara itu, medula oblongata (sumsum lanjutan) tampak seperti ujung bengkak pada tali spinal. Letaknya di antara bagian tertentu otak dengan sumsum tulang belakang. Medula oblongata berfungsi saat terjadi proses pengaturan denyut jantung, tekanan darah, gerakan pernapasan, sekresi ludah, menelan, gerak peristaltik, batuk, dan bersin. Serebelum, jembatan varol, dan medula oblongata membentuk batang otak. Batang otak merupakan bagian otak sebelah bawah yang berhubungan dengan sumsum tulang belakang. Batang otak berfungsi mengontrol berbagai proses penting bagi kehidupan, seperti bernapas, denyut jantung, mencerna makanan, dan membuang kotoran.

Otak Kecil
Otak kecil (bahasa Inggris: cerebellum) merupakan bagian terbesar otak belakang. Otak kecil ini terletak di bawa lobus oksipital serebrum. Otak kecil terdiri atas dua belahan dan permukaanya berlekuk-lekuk. Fungsi otak kecil adalah untuk mengatur sikap atau posisi tubuh, keseimbangan, dan koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar. Jika terjadi cedera pada otak kecil, dapat mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot. Gerakan menjadi tidak terkoordinasi.

Fakta Tentang Otak Manusia :

1. Bola mata adalah perpanjangan dari otak. Otak terhubung secara langsung dengan kedua bola mata melalui lobus di belakang bola mata.

2. Operasi otak bisa dilakukan saat pasien sadar. Dokter bisa ngoperasi otak pasien tumor otak & kejang karena epilepsi, sambil mengajaknya berbicara. Cara ini diyakini aman dan akurat untuk mengetahui bagian otak yang bermasalah, lewat kemampuan berbahasa, cara melihat dan gerak tubuh.

3. Otak rakus banget sama oksigen. Otak menghabiskan 20% kebutuhan oksigen. Kalau selama 4 menit otak gak dapet oksigen, sel-sel otak mulai mengalami kematian.

4. Otak bikin manusia engga geli pas gelitikin diri sendiri, karena otak membedakan sentuhan dari tubuh/orang lain.

5. Otak bisa ditipu. Nah, yang bisa nipu otak adalah teknologi ilusi optik. Misalnya:


6. Otak aktif walaupun kepala sudah terpenggal. Diketahui dari beberapa pengamatan, otak manusia tetap aktif beberapa detik setelah kepala terpenggal. Tapi para dokter mempercayai itu karena refleksi kedut otot.

7. Ada 30 milyar neuron (saraf otak) yang bekerja dengan superrr dahsyat, sampe-sampe melebihi kemampuan komputer apapun di dunia!

8. Kapasitas memori otak: 30-70 triliun giga.

9. 400 mil (640 km) adalah panjang pembuluh darah di otak.

10. Ketika kita terjaga, otak menghasilkan daya 25 watt.

11. Otak pria lebih besar daripada otak wanita.

12. Orang berIQ tinggi cenderung lebih banyak bermimpi.

13. Kepinteran seseorang bergantung pada seberapa banyak koneksi antar neuron.

Nah sobat Ast, bagaimana ulasannya?, insya Allah bisa membantu mengenal fungsi dan fakta otak kita sendiri. Oh iya bagi sobat-sobat sekalian dari FP maupun pengunjung blog, Ast mengucapkan terimakasih bannyak atas kontribusi sobat-sobat sekalian pada setiap posting dengan bentuk apapun. Oh iya Ast ingatkan sekali lagi sobat Ast jika sobat ingin mengkritik dipersilahkan tapi dengan syarat "kritikan sobat bisa mendidik membangun dan tidak asal menghina karena saya juga manusia wajar jika ada salah-salah".

Sekian dari Ast hari ini, terimakasih sudah membaca auf wiederhören...

Edited : Aster Prescott
Source : Dikutip dari berbagai sumber



Artikel Terkait Education


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.