LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Rabu, 03 April 2013

Virus Influenza Dan Cara Mengatasinya


ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, Influenza yang lebih dikenal dengan sebutan flu, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza), yang menyerang unggas dan mamalia. Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah menggigil, demam, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala berat, batuk, kelemahan, dan rasa tidak nyaman secara umum.

Bagaimana sobat pembukaan diatas cukup jelas bukan untuk virus yang familiar di musim penghujan yang gak jelas begini. Ast mau membahas virus influenza ini nih sobat. Secara sekarang kan lagi musim yang gak bisa ditentukan gini kadang panas berhari-hari sampe kering, kadang hujan datang tak terduga. Nah ini dia musimnya orang pada terjangkit influenza, mungkin dengan sedikit pencerahan ini bisa sangat membantu untuk menjaga diri dari virus yang satu ini. Silahkan disimak ;

Jenis-Jenis Virus Influenza 

Virus Influenza A
Genus ini memiliki satu spesies, virus influenza A. Unggas akuatik liar merupakan inang alamiah untuk sejumlah besar varietas influenza A. Kadangkala, virus dapat ditularkan pada spesies lain dan dapat menimbulkan wabah yang berdampak besar pada peternakan unggas domestik atau menimbulkan suatu pandemi influenza manusia.

Virus tipe A merupakan patogen manusia paling virulen di antara ketiga tipe influenza dan menimbulkan penyakit yang paling berat. Virus influenza A dapat dibagi lagi menjadi subdivisi berupa serotipe-serotipe yang berbeda berdasarkan tanggapan antibodi terhadap virus ini. Serotipe yang telah dikonfirmasi pada manusia, diurutkan berdasarkan jumlah kematian pandemi pada manusia, adalah:

-H1N1, yang menimbulkan Flu Spanyol pada tahun 1918, dan Flu Babi pada tahun 2009
-H2N2, yang menimbulkan Flu Asia pada tahun 1957
-H3N2, yang menimbulkan Flu Hongkong pada tahun 1968
-H5N1, yang menimbulkan Flu Burung pada tahun 2004
-H7N7, yang memiliki potensi zoonotik yang tidak biasa
-H1N2, endemik pada manusia, babi, dan unggas
-H9N2
-H7N2
-H7N3
-H10N7
 
Virus influenza B
Genus ini memiliki satu spesies, yaitu virus influenza B. influenza B hampir secara eksklusif hanya menyerang manusia dan lebih jarang dibandingkan dengan influenza A. Hewan lain yang diketahui dapat terinfeksi oleh infeksi influenza B adalah anjing laut dan musang. Jenis influenza ini mengalami mutasi 2-3 kali lebih lambat dibandingkan tipe A dan oleh karenanya keragaman genetiknya lebih sedikit, hanya terdapat satu serotipe influenza B. Karena tidak terdapat keragaman antigenik, beberapa tingkat kekebalan terhadap influenza B biasanya diperoleh pada usia muda. Namun, mutasi yang terjadi pada virus influenza B cukup untuk membuat kekebalan permanen menjadi tidak mungkin. Perubahan antigen yang lambat, dikombinasikan dengan jumlah inang yang terbatas (tidak memungkinkan perpindahan antigen antarspesies), membuat pandemi influenza B tidak terjadi.

Virus influenza C
Genus ini memiliki satu spesies, virus influenza C, yang menginfeksi manusia, anjing, dan babi, kadangkala menimbulkan penyakit yang berat dan epidemi lokal.  Namun, influenza C lebih jarang terjadi dibandingkan dengan jenis lain dan biasanya hanya menimbulkan penyakit ringan pada anak-anak.

Tanda Dan Gejala
Gejala influenza dapat dimulai dengan cepat, satu sampai dua hari setelah infeksi. Biasanya gejala pertama adalah menggigil atau perasaan dingin, namun demam juga sering terjadi pada awal infeksi, dengan temperatur tubuh berkisar 38-39 °C (kurang lebih 100-103 °F). Banyak orang merasa begitu sakit sehingga mereka tidak dapat bangun dari tempati tidur selama beberapa hari, dengan rasa sakit dan nyeri sekujur tubuh, yang terasa lebih berat pada daerah punggung dan kaki. Gejala influenza dapat meliputi:

-Demam dan perasaan dingin yang ekstrem (menggigil, gemetar)
-Batuk
-Hidung tersumbat
-Nyeri tubuh, terutama sendi dan tenggorok
-Kelelahan
-Nyeri kepala
-Iritasi mata, mata berair
-Mata merah, kulit merah (terutama wajah), serta kemerahan pada mulut, tenggorok, dan hidung
-Ruam petechiae
-Pada anak, gejala gastrointestinal seperti diare dan nyeri abdomen, (dapat menjadi parah pada anak dengan influenza B)

Penularan
influenza dapat disebarkan dalam tiga cara utama: melalui penularan langsung (saat orang yang terinfeksi bersin, terdapat lendir hidung yang masuk secara langsung pada mata, hidung, dan mulut dari orang lain); melalui udara (saat seseorang menghirup aerosol (butiran cairan kecil dalam udara) yang dihasilkan saat orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau meludah), dan melalui penularan tangan-ke-mata, tangan-ke-hidung, atau tangan-ke-mulut, baik dari permukaan yang terkontaminasi atau dari kontak personal langsung seperti bersalaman. Moda penularan mana yang terpenting masih belum jelas, namun semuanya memiliki kontribusi dalam penyebaran virus. Pada rute penularan udara, ukuran droplet yang cukup kecil untuk dihirup berdiameter 0,5 sampai 5 μm dan inhalasi satu droplet mungkin cukup untuk menimbulkan infeksi. Walaupun satu kali bersin dapat melepaskan sampai 40.000 droplet, sebagian besar dari droplet tersebut cukup besar dan akan hilang dari udara dengan cepat. Seberapa lama virus influenza dapat bertahan dalam droplet udara nampaknya dipengaruhi oleh kadar kelembaban dan radiasi ultraviolet: kelembaban rendah dan kurangnya cahaya matahari pada musim dingin membantu kebertahanan virus ini.

Karena virus influenza dapat bertahan di luar tubuh, virus ini juga dapat ditularkan lewat permukaan yang terkontaminasi seperti lembaran uang, gagang pintu, saklar lampu, dan benda-benda rumah tangga lainnya. Lamanya waktu virus dapat bertahan pada suatu permukaan beragam, virus dapat bertahan selama satu atau dua hari pada permukaan yang keras dan tidak berpori seperti plastik atau metal, selama kurang lebih lima belas menit pada kertas tissue kering, dan hanya lima menit pada kulit. Namun, apabila virus terdapat dalam mukus/lendir, lendir tersebut dapat melindungi virus sehingga bertahan dalam waktu yang lama (sampai 17 hari pada uang kertas).

Pencegahan Dan Pengobatan
Setelah pembahasan mengenai virus influenza ini, mari sobat Ast sekalian diperhatikan bagaimana tips menjaga agar tidak mudah terjangkit influenza ini. Selain dengan suplemen, beberapa jenis makanan bernutrisi juga bisa membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Seperti makanan alami berikut ini yang mudah didapat, alami dan kaya nutrisi ;

1. Madu
Madu memiliki sifat anti bakteri sehingga baik untuk sistem kekebalan tubuh. Khususnya untuk menolak sakit kerongkongan, batuk, dan infeksi telinga. Madu tak sulit diperoleh cukup konsumsi setiap hari atau tambahkan pada pancake dan makanan lain.

2. Buah Jeruk
Buah-buahan segar memang sangat baik untuk tubuh. Untuk menambah kekebalan tubuh dalam menangkis berbagai penyakit, perbanyak konsumsi jeruk, apel, dan anggur yang banyak mengandung vitamin C. Buah-buahan segar adalah yang paling baik, dibandingkan dengan jus buah kemasan. Buah-buahan segar dapat membuat sel-sel alami yang dapat mencegah berbagai penyakit.

3. Telur
Telur mengandung asam lemak Omega-3 yang juga terdapat pada ikan. Omega 3 dapat memperkuat sistem daya tahan tubuh. Telur juga mengandung protein yang merupakan elemen penting bagi tubuh untuk mencegah infeksi.

4. Gandum
Konsumsi makanan yang mengandung gandum. Gandum dikenal sebagai bahan bakar yang penting dan bagus bagi tubuh karena dapat melawan infeksi. Gandum juga kaya karbohidrat sehingga dapat memberi asupan energi.

5.Wortel
Wortel ternyata tak hanya baik untuk mata. Kandungan vitamin A pada wortel juga dapat menjaga kesehatan membran mucous yang bekerja untuk melawan infeksi pada tubuh. Membran itu pula yang menjaga vitalitas tubuh tetap agar tetap baik.

6. Bawang Putih
Banyak orang menghindari bawang putih karena aromanya tajam. Tetapi banyak pula yang menyukai bawang putih. Bawang putih mampu mengusir virus yang menyerang tubuh. Perbanyak makan bawang putih saat mulai tidak enak badan. Jika tidak suka dimakan segar, tambahkan beberapa iris bawang putih dalam masakan.

Dan jika sobat sudah terlanjur terkena influenza ini nih ada reference obat-obatan tradisionalnya ;

1. Yoghurt
Dari segi gizi, yoghurt merupakan produk makanan yang kaya akan zat gizi. Komposisi zat gizinya mirip susu dan bahkan ada beberapa komponen seperti vitamin B kompleks, kalsium, dan protein justru kandungannya relatif tinggi. Diperkirakan imun yang terkandung dalam yoghurt sangatlah tinggi.

2. Bawang Putih
Kandungan Allicin dalam bawang putih memiliki manfaat ampuh untuk melawan flu. Menurut studi kandungan allicin dapat mengurangi resiko terjangkit flu dan menyembuhkan sakit flu secara cepat. Akan tetapi ada efek samping bagi penderita gula darah dan wanita hamil. Menurut tes, bawang putih memang mampu membunuh virus influenza.

3. Kurma
Kurma diperkaya dengan potasium, mangan, dan antioksidan, buah ini membantu mendukung level pH yang sesuai bagi tubuh, membuat patogen sulit masuk ke jantung pertahanan tubuh. Pilih kurma yang berkulit gelap karena mengandung lebih banyak gizi, makanlah empat kurma sehari untuk mendukung sistem kekebalan Anda.

4. Jamur
Jamur lezat jika ditambahkan ke nasi merah. Namun jamur tersebut juga kaya dengan antioksidan yang disebut ergothioneine, yang dapat melindungi sel-sel tumbuh dari pertumbuhan abnormal dan bereplikasi menjadi sel mutan. Masaklah dengan anggur merah, yang mengandung antioksidan resveratrol, akan meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Mineral seng
seng tak bisa diremehkan peranannya karena tak kurang dari 200 metalloenzim sangat tergantung padanya. Dengan kata lain seng sangat luas peranannya, terutama dalam hubungannya dengan berbagai penyakit akibat lemahnya pertahanan tubuh. Defisiensi seng oleh berbagai riset yang lain juga dilaporkan dapat mengurangi daya konsentrasi (mudah mengantuk), mengurangi daya penyembuhan luka, ketajaman pengecap, kulit kering dan kasar, anemia, berat badan merosot dan masih banyak lagi.

6. Spirulina
Spirulina, mikroalga yang berwarna biru, merupakan sumber protein yang sangat tinggi. Warna biru pada spirulina berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh. Spirulina kaya akan vitamin B kompleks, vitamin D, magnesium, seng, selenium, zat besi, dan gamma linoleic acid (GLA). Phycocyanin merupakan protein kompleks terbanyak dalam spirulina yang memiliki manfaat bagi kesehatan, antara lain untuk menstimulasi kerja sel batang pada sumsum tulang, berperan dalam produksi sel darah putih, yang berfungsi meningkatkan imunitas tubuh. Serta sel darah merah, yang berfungsi mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Spirulina juga sangat kaya akan kandungan selenium, yang sangat berperan dalam sistem imunitas tubuh.

7. Jahe
Jahe dipercaya sejak dulu kala sebagai obat tradisional China dalam memerangi gejala flu. Jahe panas ditambah jeruk nipis dan madu bisa dijadikan minuman di saat hujan. Tapi bagi yang baru menjalani operasi, sebaiknya hindari minum jahe selama dua minggu.

Nah bagaimana sobat Ast, semoga sobat-sobat sekalian terjaga dari penyakit musiman ini ya. Sekian dari Ast dan terimakasih sudah berkunjung, jaga kesehatan ya sobat. Guten Nachmittag, und Sie sehen...

Edited : Aster Prescott
Source : bioquellus.com, wikipedia.org, forum.detik.com, kotasehat.blogspot.com



Artikel Terkait Health


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.