LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Rabu, 15 Mei 2013

Fotografi Benda Pecah Belah Untuk Pemula

Fotografi secara harfiah berarti menggambar dengan cahaya. Gambar ditangkap oleh kamera dibentuk oleh cahaya yang tercermin dari objek yang akan di foto. Tetapi, karena sifat alami kaca yang membiaskan, membuat cahaya tembus melaluinya. Kaca mempunyai kedua sifat memantulkan dan meneruskan cahaya. Hal ini membuat jenis benda pecah belah menjadi objek yang sangat susah untuk di foto. Tetapi jika dikerjakan dengan sempurna, hasilnya akan terlihat sangat cantik.


Photo by necrooptic


Peralatan yang dibutuhkan

Anda tidak membutuhkan peralatan yang canggih dan mahal untuk mendapatkan gambar yang sempurna. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan peralatan seperti :
- Tripod yang kokoh
- lampu meja
- background putih untuk melembutkan cahaya
- kartu hitam atau papan poster

Photo by leprechaun947


Langkah-langka

Mendapatkan foto yang bagus untuk benda pecah belah bisa saja membuat anda putus asa dan merasa sangat tertekan. Tetapi, ada beberapa langkah sederhana yang dapat membantu anda mendapatkan kualitas foto yang bagus untuk benda pecah belah :
- atur benda pecah belah anda di atas meja atau permukaan datar.
- tempatkan sumber cahaya di belakang subjek. Anda perlu mematikan flash kamera anda. Menggunakan flash malah akan memunculkan pantulan yang menyilaukan pada kaca. Memotret tanpa menggunakan flash akan membantu anda dalam memfokuskan warna dan bentuk benda pecah belah.
- tempatkan kartu hitam atau papan poster, usahakan yang lebih besar daripada benda pecah belahnya, diantara sumber cahaya dan benda pecah belah tersebut. Background hitam akan menyingkirkan pantulan dan dapat bekerja sebagai background, dengan begitu akan lebih focus pada peralatan pecah belahnya.
- tempatkan background putih di depan sumber cahaya untuk melembutkan cahaya.
- pastikan bahwa subjek sudah dalam fokus dan tidak ada pantulan yang terbentuk. Melakukan percobaan dengan mengambil foto dari angle dan komposisi yang berbeda. Ganti cahayanya, background putih dan hitam yang terus disesuaikan. Dengan begitu anda akan mendapatkan beberapa gambar yang dapat anda pilih yang terbaik.

Photo by RoseOscura


Pencegahan yang perlu dilakukan

- menggunakan tripod
Exposure yang lebih lama dengan sumber cahaya yang lebih lembut dibutuhkan untuk mendapatkan tone yang sempurna dalam foto. Bahkan gerakan kecil tangan anda akan berpengaruh pada gambar. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kamera untuk tetapp diam. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan tripod. Jika anda tidak mempunyai tripod anda dapat menempatkan kamera di atas meja. Menggunakan tripod atau pendukung lain yang mungkin adalah bagian yang paling penting dalam memotret benda pecah belah.
- menggunakan aperture kecil untuk mendapatkan DOF yang lebih baik.
- pastikan benda pecah belah yang a gunakan sudah dibersihkan. Noda-noda sangat mudah terlihat dan dapat merusak gambar.
- bahkan area kecil yang sangat terang di ruangan akan dapat memantulkan benda pecah belah. Oleh karena itu, cobalah untuk menutup jendela menggunakan tirai yang tebal atau ditempel seluruhnya dengan background hitam.

Photo by Bethem


Dengan menggunakan tips yang telah diuraikan di atas dan tetap diingat dalam  ingatan anda, anda dapat memperoleh gambar yang cantik tanpa menggunakan peralatan yang mahal atau lampu studio. Anda dapat melakukan perrcobaan dengan menggunakan banyak background warna, benda pecah belah dapat dengan mudah menangkap warna dan ini membuat gambar semakin cantik dan tampak hidup. Terakhir, jangan terburu-buru, santai saja dengan settingan anda dan anda akan menemukan diri anda sangat bahagia dengan hasilnya.

Edited : Aster Prescott
Source : photopoly.net, Mitrakamera



Artikel Terkait Photography


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.