LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Rabu, 11 September 2013

Cara Merawat Baterai Rechargeable Jenis NiMH

ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, assalamualaikum Freund und einen schönen guten Morgen. Sebelum memulai Ast beritahukan artikel ini bukan hannya dikhususkan untuk perangkat jenis kamera saja tetapi universal untuk baterai berjenis NiMH semua perangkat. Sebuah pocket camera atau juga SLR pastinya membutuhkan asupan power untuk bekerja "tanpa power sebuah kamera tidak bisa menghasilkan photo". Dan beberapa tipe kamera digital masih menggunakan baterai recharge berjenis NiMH (Nickel-Metal Hydrade) tipe AA, dan menurut Ast ini lah segi kepraktisan kamera yang menggunakan baterai tipe AA recharge "kapanpun dimanapun jepret saja tanpa harus takut kehabisan baterai (bisa diganti bung!)". 

Eneloop Batteries From SANYO


Nah untuk perawatan baterai jenis NiMH ini juga gak mudah apalagi asal-asal saja seperti sobat punya baterai HP! Asal charge asal pake, nah jika sobat sudah memiliki baterai jenis NiMH ini slogan "asal charge asal pake" itu jangan digunakan lagi ya sobat Ast sekalian. Karena NiMH Batteries sangat mudah rusak dan bocor! Jika sudah bocor dan cairannya menumpahi perangkat elektronik seperti contohnya kamera sobat juga charger baterai itu sendiri pastinya akan bisa rusak. Karena sudah banyak kasus baterai berjenis NiMH itu tukang bocor, eitsss tunggu dulu tukang bocor jika tidak tahu cara perawatannya, yuk disimak bagaimana cara merawat baterai jenis NiMH ;

Charge Pertamakali Setelah Membeli
Ketika sobat baru membeli baterai dari toko, diutamakan jangan langsung dipakai, baterai jenis NiMH ini harus di charge sampai penuh dulu ya sobat "sabar Bro!!!". Ada yang bilang harus di charge sampai 12 jam, 4 jam dan menurut Ast tidak seperti itu, cukup sobat masukkan NiMH baterai kedalam chargernya dan sobat tunggu deh sampai indikator baterai menyatakan baterai telah penuh (logikanya = "gak ada gunanya bro loe charge baterai 12 jam jika si baterai sudah penuh pada jam ke 4 atau ke 5 wong si charger baterainya sudah mati otomatis waktu baterai sudah penuh! (berlaku juga untuk baterai Li-ion Hand Phone dan Lipo Hand Phone) dan ingat hannya charger baterai yang bagus yang mempunyai timer mati otomatis jika si baterai telah full load!" ada protes? silahkan komentar...). Dan gak perlu tunggu sampai 12 jam yang lebih extremenya lagi 24 jam baterai sudah penuh ditambah panas didiamkan saja selama 12 jam/24 jam, dan buruknya lagi Anda termakan saran sesat orang yang tidak tahu menahu elektronika.

Saran Ast untuk sobat sekalian belilah charger baterai yang satu paket dengan baterainya. Dan belilah charge yang bisa menghindarkan baterai tercharge terus menerus tanpa tahu kapan baterai NiMH sobat sudah penuh. Saran Ast charger SANYO beserta baterai Eneloop (bukan SINYO atau GENYO ya!) adalah recommended banget untuk andalan sobat Ast.



Best Recommended For The Best Performance And Battery Power SANYO NiMH


Tambahan untuk sobat yang belum tahu, jika sobat baru membeli baterai HP dari konter HP pastinya si penjual menyarankan cas dulu ya sampe 12jam atau 4jam atau 5jam. Dan apakah tepat seperti itu? jeng... jeng... ternyata jawabnya salah! tidak tepat! ora kaya kue son! NEIN! (boso londo nek sing Jawir pasti ngarti lah what i mean) charge yang super duper lama itu dikhususkan pada baterai bertipe NiCD (Nickel Cadmium) dan NiMH (Nickel-Metal Hydrade) jika pada NiMH tergantung produsen baterai ada yang cepat 4 jam penuh ada yang 12 jam penuh seperti baterai "Eneloop sekitar 4 jam" kebanggaan Ast dan "Energizer sekitar 12 jam" cadangan Ast. Ngarti ora son? komen magakno nek ora ngarti!

Charge Baterai NiMH Pada Saat Baterai Habis Tidak Bisa Digunakan (Low Power)
Untuk mencharger baterai NiMH itu sendiri butuh pengetahuan ya sobat, kadang kala begini sobat; sobat pasang baterai dalam kamera dan sudah terpakai setengah habis, dan pada besok hari sobat mau traveling keluar kota atau ke ancol maybe??? na na, ich weiß nicht. Dan sobat memutuskan untuk charger baterai sampai penuh dan "padahal" baterai itu masih bisa digunakan untuk mempotret, nah ini termasuk langkah yang tidak tepat. Efeknya jika digunakan lagi baterai akan terasa cepat habis. Tapi hannya sementara jika dicharger lagi efek yang seperti itu sudah normal kembali.

Solusinya pakai dulu saja baterai sampai habis buat jepret-jepret pake mode continuous shoot atau dengan flash on juga boleh tuh atau jika sobat punya charger yang bisa untuk discharge battery (mengkosongkan baterai) pakai saja fitur itu. Warnung und Achtung!!! Dan tidak disarankan menempatkan baterai pada tamia atau lampu senter atau perangkat lain yang bermaksud mengkosongkan baterai sampai perangkat tidak menyala lagi atau 0% power pada baterai. Karena dapat merusak sel-sel dalam baterai dan mempersingkat umur baterai, pada umumnya baterai recharge bisa diisi ulang 500 sampai 1000X tergantung produsen baterai itu sendiri.

Lepaskan Baterai Dari Kamera Ketika Tidak Digunakan Dalam Jangka Waktu Lama
Baterai tipe apapun jika sudah lama tidak digunakan dan tetap diletakan dalam perangkat Ast pikir ini suatu kecerobohan. Karena hal demikian dapat merusak baterai jika dalam perangkat telepon (bukan kelepon!) entah baterai bisa melembung alias gendut atau jika baterai NiMH bisa bocor!

Pastikan sobat merawat perangkat sobat dengan baik dan jangan ceroboh kecuali si pembaca artikel ini orang yang tajir atau sangat tajir atau sangat sangat tajir atau dalam maksud lain beruang (bukan beruang teady bear!). Pastikan sobat lepaskan baterai ketika sobat memutuskan untuk mengistirahatkan perangkat entah kamera atau handphone dalam waktu yang lama.

Charge Baterai NiMH Ketika Tidak Digunakan Dalam Jangka Waktu Lama
Pada baterai NiMH ada beberapa baterai yang jika sudah penuh tercharge dan tidak digunakan dalam waktu berbulan-bulan ketika ingin digunakan kembali telah kehilangan power beberapa persen alias tidak utuh 100% full load beibeh... Nah itu yang dinamakan Self-Discharge Cell itu hal yang lumrah untuk dunia perbateraian. Dalam kondisi suhu normal, baterai NiMH akan kehilangan daya sekitar 1% per harinya dan semakin tinggi atau rendah suhunya maka kehilangan daya tersebut akan semakin besar. Tapi untuk baterai Eneloop keluaran SANYO (ingat bukan GENYO atau SINYO!) yang terbaru, produk baterai NiMH mereka sudah lebih baik dalam urusan Self-Discharge ini, lebih tahan berbulan-bulan tanpa bannyak kehilangan power yang drastis!

Tapi tetap saja untuk perawatan yang baik dan benar, silahkan sobat charge baterai NiMH sobat paling tidak satu bulan sekali jika baterai lama teristirahatkan atau bisa jadi sengaja diistirahatkan.

Usahakan Jangan Menjatuhkan Baterai
Baterai yang terjatuh diatas benda yang keras seperti ubin, aspal, batu akan berpotensi merusak fisik baterai dan berpotensi juga merusak sel-sel dalam baterai dan akibatnya akan merusak atau juga dapat membuat baterai menjadi bocor jika baterai handphone bisa jadi kembung atau gendut.

Saran Ast jika memang sobat mau membanting-banting baterai bersangkutan silahkan ditatakin dulu atau yang gak ngarti dialasi tuh ubin, aspal, batu yang berkaitan dengan benda empuk seperti kasur bantal atau karpet tebal. Terkadang sebagai manusia ada kalanya sikap kesal itu, so beibeh... luapkan saja expresimu jangan malu...

Bawa Baterai Dalam Tempat Baterai
Ketika sobat bepergian sobat pastilah yang namanya was-was baterai habis itu pasti ya? Kali aja situ was-was sama kaya ana kalau bepergian jauh takut gak ada yang jual baterai cuy! ujung-ujungnya kamera tidak bisa digunakan kehilangan moment jepret adalah 100% hal mutlak, kecuali pinjem kamera temen. Nah dalam membawa baterai itu juga harus disertai tempat baterainya, supaya tidak terjadi hubung singkat atau konsleting pada baterai. Kan gak lucu jika Anda sedang berjalan-jalan tiba-tiba terjadi ledakan DAHSYAT!!! pada tas atau kantung Anda!!!

Saran Ast, cobalah berkreativitas buat tempat baterai sendiri dari apapun yang sobat bisa gunakan dan cocok pas untuk diletakan baterai sobat. Contoh Ast membuatnya dari tempat obeng dan untuk tempat supaya baterai tidak berdempetan tanpa jarak Ast gunakan plastik tempat baterai Alkaline (atau jika sampean malas buat-buat coba aja beli tempat baterai mungkin ada ditempat sobat membeli baterai charger atau di toko-toko kamera yang menjual aksesoris. Bisa jadi beibeh...):



Baterai NiMH akan bekerja secara penuh setelah diisi ulang antara 3-5 kali dan tentu saja isi ulang dilakukan setelah sobat memakainya (bukan terus-terusan diisi ulang). Walaupun sebagian alat isi ulang baterai mempunyai fitur untuk "pengosongan" (discharge), sebaiknya fitur ini jangan digunakan sampai baterai NiMH tersebut sudah diisi ulang secara normal (tanpa discharge) sebanyak 10 kali atau lebih. Kelebihan dari baterai NiMH ini antara lain adalah semakin sering digunakan maka baterai dapat bertahan lebih lama.

Itulah beberapa cara yang sobat bisa gunakan untuk merawat baterai NiMH sobat. Semoga apa yang telah ditulis disini dapat menjadi manfaat untuk pengetahuan setiap orang insya Allah amin... Auf wiedersehen...

Created : Aster Prescott
Rujukan : nurutama.com, geizhals.a, 360blog.nautica.com



Artikel Terkait Education ,Photography


1 komentar:


  1. Tidak kalah dengan sanyo, Ultrafire adalah salah satu merek baterai rechargeable yang cukup handal dan murah.
    Sebagai referensi silahkan tengok link berikut : http://tokomaksi.com/handphone_tablet/power_bank

    BalasHapus

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.