LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Sabtu, 07 September 2013

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Ulasan Seputar Kopi


ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, assalamualaikum sobat Ast Guten Morgen. Pagi-pagi begini apalagi Sonnabend "sabtu malem minggu cuy!!!" kayaknya enak ya nih pagi minum kopi juga siang atau malem nongkrong di coffee bean. Eh tapi sobat sekalian tau gak sih manfaat kopi bagi kesehatan? Nah bagi yang belum tahu tepatnya, nih baca artikel yang satu ini kita bahas sama-sama ya sobat ;

Berbicara mengenai kopi, banyak orang yang masih berpendapat bahwa kopi buruk bagi kesehatan. Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Kopi, asalkan dikonsumsi secara bijak, sebenarnya justru bermanfaat bagi kesehatan. Apa pun, bukan hanya kopi, bila dikonsumsi berlebihan pasti tidak baik steuja ora son?. Berikut manfaat kopi bagi kesehatan:

- Menghilangkan rasa kantuk. Tentu kita semua sudah mengetahui manfaat kopi yang satu ini. Zat kafein yang berada dalam kopi memiliki efek meningkatkan kinerja prikomotor tubuh kita yang membuat jantung berdetak lebih cepat dan membuat tubuh kita selalu terjaga saat mengantuk.

- Meningkatkan konsentrasi. Manfaat kopi sebagai minuman peningkat konsentrasi berasal dari kandungan kafein yang mampu memperlancar peredaran darah dan memompanya ke jantung dengan lebih baik. Dengan demikian kita akan lebih berkonsentrasi saat melakukan kegiatan setelah minum kopi.

- Mengatasi penyakit jantung dan stroke. Mengkonsumsi kopi secara berlebihan memang dipercaya dapat memicu penyakit jantung. Namun berbagai penelitian belakangan ini justru mengungkapkan bahwa ada manfaat kopi yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsinya secara wajar yaitu 2-3 cangkir per hari, yaitu membantu melancarkan peredaran darah menuju jantung sehingga mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Tentunya harus diimbangi juga dengan cara hidup sehat lainnya seperti olah raga dan mengkonsumsi makanan sehat.

- Antioksidan. Menurut beberapa penelitian, kopi memiliki antioksidan yang ternyata lebih banyak daripada semua jenis sayur dan buah. Bahkan penelitian mengungkapkan bahwa kopi merupakan sumber antioksidan nomor satu dan paling tinggi dari semua jenis makanan.

- Mencegah penyakit parkinson. Manfaat kopi yang bisa dirasakan oleh mereka yang telah berusia lanjut yaitu kopi sebagai pencegah penyakit parkinson. Penyakit ini biasa diderita oleh orang tua, dengan gejala tremor di seluruh tubuh. Mengkonsumsi secara wajar dan teratur sekitar 2 cangkir per hari diyakini mampu mencegah parkinson.

- Mencegah kanker. Menfaat kopi bagi wanita dengan meminumnya secara teratur menurut penelitian mampu mengurangi resiko kanker terutama kanker payudara.

- Mengurangi resiko diabetes. Berbagai penelitian di seluruh dunia mengungkapkan bahwa manfaat kopi mampu mengurangi resiko diabetes tingkat 2. Hal ini terjadi karena kandungan asam klorogenik dalam kopi yang mampu mengurangi penyerapan gula dalam tubuh. Namun perlu diperhatikan agar mengkonsumsi kopi tanpa gula.

- Mengatasi sirosis pada hati. Sirosis pada hati akibat minuman beralkohol dapat diatasi dengan mengkonsumsi kopi secara teratur. Kopi dapat membantu menetralkan kandungan alkohol dalam hati sehingga membantu mencegah kerusakan hati.

- Untuk kecantikan. Kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam kopi membuat kopi sangat berperan di kalangan wanita terutama di bidang kecantikan. Hal ini merupakan efek dari kerja antioksidan dalam kopi yang mampu meluruhkan racun-racun dalam tubuh dan melancarkan peredaran darah.

- Menghaluskan kulit. Belakangan ini melalui beberapa penelitian mengungkapkan manfaat kopi untuk kulit tubuh, hal ini membuat maraknya berbagai perawatan kulit dengan menggunakan kopi sebagai bahan dasarnya.

- Fungsi kognitif. Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.

Sejarah Singkat Minuman Kopi
Manfaat Kopi Berawal Dari Afrika. Kopi yang kita kenal sekarang ini pada awal sejarahnya dimulai dari daratan Afrika. Di Afrika orang telah menikmati manfaat kopi sejak ribuan tahun yang lalu yaitu sekitar 800 tahun sebelum masehi. Pada awalnya biji kopi di dataran Afrika hanya dikonsumsi oleh hewan ternak khususnya kambing. Kambing-kambing yang digembalakan itu memiliki kebiasaan memakan biji-biji kopi, dan mereka selalu tampak segar dan lincah.

Berawal dari situ kemudian para penggembala kambing ini mulai merasa tertarik untuk memakan biji kopi ini. Lalu mereka merasakan bahwa ternyata khasiat kopi ini sangat bagus untuk stamina tubuh mereka. Mulai saat itulah kemudian orang lalu berusaha mengolah dan mengkonsumsi kopi dengan cara memasaknya dan membuatnya menjadi minuman yang dapat menambah stamina. Walaupun pada masa itu orang hanya mengkonsumsi kopi dengan cara yang masih sangat sederhana sekali dan sangat tradisional.

Bangsa Arab Pelopor Manfaat Kopi Modern
Minuman kopi modern seperti yang biasa kita minum saat ini berawal dari keberhasilan bangsa Arab mengembangkan kopi tradisional yang sebelumnya telah dikonsumsi masyarakat Afrika. Pada sekitar abad ke-13 bangsa Arab yang telah memiliki peradaban yang jauh lebih maju, memiliki cara yang lebih baik untuk mengkonsumsi kopi. Mereka mampu menikmati khasiat kopi dengan berbagai cara pengolahan. Dan mereka juga telah mulai mengambil sari kopi dan menjadikannya minuman.

Namun khasiat kopi yang telah dikonsumsi oleh bangsa Arab tidak bisa dinikmati oleh bangsa lain karena biji kopi tidak bisa didapatka di negara lain selain di Arab. Hal ini terjadi karena bangsa Arab hanya mengirimkan ke negara lain biji kopi yang telah matang dan tidak bisa dikembang biakkan.

Lalu tersebutlah seorang India yang akhirnya berhasil membawa keluar biji kopi untuk ditanam di negara di luar Arab. Dan mulai saat itulah tanaman kopi mulai dapat ditemukan di negara lain dan semakin berkembang dengan pesat ke benua lain.

Tidak berapa lama kemudian kopi mulai dapat dikenal luas mulai dari Turki. Lalu mulai masuk ke benua eropa, dan negara Belanda adalah negara Eropa pertama yang berhasil membudidayakan tanaman kopi pada sekitar abad ke-17. Dan bangsa Belanda yang pada saat itu menjajah bangsa Indonesia akhirnya membawa tanaman ini masuk ke Indonesia untuk dibudidayakan. Dan mulai saat itulah masyarakat Indonesia mengenal dan bisa merasakan khasiat kopi.

Kopi Dan Jenis-jenisnya
Secara umum kopi di dunia ini dibagi menjadi 2 yaitu:

- Robusta. Kopi Robusta merupakan jenis dengan kualitas yang standar dan tidak terlalu bagus. Asalnya dari daerah Kongo yang ditemukan pertama kali pada sekitar abad ke-19. Kopi jenis Robusta ini memiliki rasa yang agak asam dan lebih pahit. Selain itu kopi Robusta memiliki kadar kafein yang lebih tinggi. Walaupun memiliki kelas yang lebih rendah, namun keunggulan kopi ini adalah tanamannya lebih mudah dibudidayakan di daerah manapun dengan ketinggian tanah yang hanya 800 meter diatas permukaan laut. Selain itu tanaman kopi robusta lebih kuat menghadapi serangan hama tanaman kopi. Dengan kondisi di atas, maka menjadikan kopi Robusta mempunyai harga yang lebih murah dan lebih dikenal oleh masyarakat dunia luas.

- Arabika. Kopi Arabika adalah jenis kopi dengan kualitas terbaik, dan berasal dari daratan Afrika. Jenis ini memiliki ciri biji kopi yang lebih kecil. Tanaman kopi Arabika hanya dapat tumbuh di negara beriklim tropis atau sub tropis dengan ketinggian 600 – 2000 meter diatas permukaan laut. Di Indonesia jenis kopi Arabika ini dapat tumbuh dengan sangat baik dan merupakan kualitas terbaik dunia.

Manfaat Biji Kopi Bagi Kehidupan

Menguragi bau di kulkas
Tentu Anda lebih suka mencium bau kopi daripada sisa-sisa makanan yang Anda simpan di kulkas, bukan? Nah, kalau Anda termasuk orang yang bisa berhemat dan sering menyimpan sisa makanan, cemilan, sayur dan sejenisnya di kulkas, coba saja simpan bubuk atau biji kopi di dalam kulkas. Biarkan selama satu atau dua hari. Kopi tersebut akan menyerap bau bahan-bahan yang Anda simpan di kulkas. Ketika Anda membuka pintu kulkas, tentu aroma pertama yang akan Anda cium adalah aroma kopi.

Mengurangi selulit

Krim anti-selulit yang berharga paling mahal sekalipun sebenarnya memiliki adonan yang sama: kafein. Kafein diyakini dapat mengoptimalkan metabolisme lemak sehingga pembentukan selulit juga berkurang. Cara membuat krim anti-selulit dengan kopi cukup mudah: campurkan endapan di cangkir kopi yang baru saja Anda minum dengan minyak kelapa, lalu oleskan pada kulit Anda dengan gerakan melingkar selama beberapa menit.

Menghilangkan bau pada tangan

Bawang, bandeng, ikan asin, dan daging memang mengeluarkan aroma yang sedap bila sedang dimasak dan, bila kokinya pintar, terasa sedap pula di lidah. Namun, setelah makanan selesai disantap dengan menggunakan tangan, coba cium aroma tangan Anda. Nah, untuk menghilangkan bau tersebut, gosok tangan Anda dengan endapan kopi yang telah habis diminum.

Bahan pupuk kompos yang bermutu
Coba Anda tanya kepada para pakar pertamanan, apa manfaat kopi bagi tanaman di taman. Tentu mereka akan menjawab bahwa manfaat kopi bagi tanaman besar sekali. Endapan sisa kopi yang telah habis diminum dapat dicampurkan dengan pupuk kompos. Nah, pupuk kompos tersebut mengandung unsur-unsur fosfor, potasium, magnesium, dan tembaga, yang akan melepaskan nitrogen ke dalam lapisan tanah. Akibatnya, tanah memperoleh tingkat keasaman yang lebih tinggi sehingga tanah menjadi lebih subur.

Membuat rambut berkilau
Siapa yang tidak menginginkan punya rambut yang berkilau dan sehat? Kopi sering direkomendasikan sebagai bahan perawatan alamiah yang sederhana untuk membuat rambut tampak lebih berkilau. Caranya: rebus kopi dengan air yang cukup banyak, biarkan dingin, lalu gunakan rebusan kopi tersebut untuk berkeramas. Biarkan selama sekitar 20 menit, lalu bilas. Anda bisa melakukan trik ini sekali dalam seminggu.

Semir alamiah
Pigmen natural yang terdapat pada kopi adalah semir alamiah yang dapat digunakan untuk menyemir kain, kertas, dan juga rambut Anda. Coba saja basahi sehelai kertas dengan air rebusan kopi, atau rendam sehelai kain dalam kopi panas. Memang warna yang Anda ingin tidak akan cepat terlihat, namun bila proses ini diulangi beberapa kali, Anda akan melihat hasilnya. Namun, semir alamiah ini akan lebih baik jika digunakan untuk barang-barang yang tidak sering dicuci.

Mengencangkan kulit
Kopi dipercaya dapat mengurangi pembentukan selulit. Nah, ternyata kopi juga dapat digunakan untuk menghaluskan dan mengencangkan kulit Anda. Tekstur pada bubuk kopi juga dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Cara menggunakannya cukup mudah: campurkan satu sendok kopi bubuk atau kopi giling dengan setengah sendok minyak zaitun.

Mengusir semut
Taburkan endapan sisa kopi yang telah kering di area rumah yang sering dilintasi semut. Kemungkinan besar, semut tidak akan lewat di sana lagi. Untuk membubarkan sarang semut, taburkan kopi yang telah diseduh di sekitar sarang tersebut.

Air freshener
Kalau suatu saat nanti Anda tanpa sengaja menumpahkan bubuk atau gilingan kopi, jangan langsung dibersihkan dan dibuang ke tempat sampah. Anda bisa menggunakannya untuk membuat air freshener. Caranya, masukkan bubuk atau gilingan kopi tersebut di dalam sebuah wadah string, lalu gantungkan di tempat yang terkena embusan angin.

Bumbu rahasia
Kopi, dalam bentuk biji, bubuk atau giling, dapat memberikan magic touch pada makanan buat Anda. Kalau Anda sedang membuat es krim, kue coklat atau steak, coba Anda tambahkan kopi sedikit saja ke dalam adonan Anda. Kopi tersebut akan membuat makanan Anda menjadi terasa lebih lembut dan ringan.

Menutup goresan pada furnitur

Kalau suatu saat Anda tanpa sengaja menjumpai goresan pada furnitur di rumah Anda, jangan buru-buru memanggil tukang kayu. Coba Anda ambil satu sendok kopi bubuk, lalu taburkan di bagian yang terkena goresan. Akan lebih baik lagi kalau Anda tuangkan kopi yang telah diseduh dan masih panas ke atas bagian tersebut. Nah, warna asli kopi akan membuat goresan tersebut tidak tampak.

Efek Negatif Kopi
- Kopi dapat menyebabkan constipation atau susah buang air besar.

- Kopi menyebabkan karang gigi dan gigi menjadi kuning bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

- Peningkatan Asam Lambung. Walaupun kopi memiliki banyak manfaat, kopi dikenal dapat meningkatkan kegelisahan. Dosis konsumsi yang terlalu banyak tidak bisa diterima semua orang. Selain itu, tingkat keasaman kopi yang tinggi dapat merangsang pengeluaran asam lambung berlebih.

- Membahayakan Gangguan Mata. Gangguan mata dipengaruhi oleh kafein, zat yang dikandung dalam kopi. Gangguan tersebut disebut exfoliation glaucoma. "Minum tiga cangkir kopi atau lebih dalam sehari, ditemukan terkait dengan peningkatan gangguan pada glaucoma, khususnya bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga glaucoma," kata Jae Hee Kang, asisten profesor kedokteran di Channing Division of Network Medicine at Brigham and Women's Hospital in Boston.

"Mereka yang berisiko pada gangguan ini, terutama mereka yang memiliki riwayat keluarga glaucoma sangat dianjurkan untuk membatasi asupan kopi, kurang dari tiga cangkir per hari," sambungnya, seperti dikutip Sciencedaily.

Studi tersebut melibatkan 79 ribu responden wanita. Dari data kesehatan yang diambil terhadap pemeriksaan mata, dan kuesioner yang dilakukan untuk mengetahui berapa banyak konsumsi kopi per hari, terbukti peringkat teratas untuk kasus gangguan mata akibat kopi. Mereka terbukti mengkonsumsi kopi tika cangkir lebih dalam satu hari.

Gejalanya ialah penekanan pada bola mata. Kemudian bisa menyebabkan kerusakan syaraf optik lainnya disekitar mata. Ini yang menyebabkan kebutaan permanen. Risiko kerusakan mata ini semakin meningkat bila Anda semakin banyak mengkonsumsi kafein.

- Peningkatan Detak jantung. Kafein sebagai kandungan utama kopi bersifat stimulan yang mencandu. Kafeine mempengaruhi sistem kardiovaskuler seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Dampak negatif itu muncul bila Anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Bagi kebanyakan orang, minum dua sampai tiga cangkir kopi tidak memberikan dampak negatif. Meminum kopi dengan frekuensi lebih dari itu bisa menimbulkan jantung berdebar-debar, sulit tidur, kepala pusing dan gangguan lainnya. Oleh karena itu, bagi mereka yang mengkonsumsi kopi agar tidak mengantuk-misalnya karena kekurangan tidur disarankan agar konsumsinya disebar sepanjang hari.

Riset mengenai hubungan konsumsi kopi dengan keguguran kandungan tidak memberikan kesimpulan seragam. Tetapi, untuk amannya ibu hamil disarankan tidak minum lebih dari satu cangkir kopi sehari.

Untuk mencegah efek negatif dari kopi, disarankan mengurangi asupan kafein, atau beralih ke kopi tanpa kafein. Juga, pastikan untuk selalu mengkonsumsi dua gelas air untuk setiap satu cangkir kopi yang sobat minum. Hal ini dapat meminimalkan efek negatif dari minuman kafein.

Edited : Aster Prescott
Source : aura-ilmu.com, kesehatan96.blogspot.com, ariereski.blogspot.com, stikes.almaata.ac.id



Artikel Terkait Health


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.