LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Kamis, 27 Februari 2014

Survival Di Hutan? Tidak Masalah Ini Dia Tanaman-Tanaman Hutan Liar Yang Aman Dimakan

Prickly Pear atau Pear Kaktus salah satu tumbuhan hutan yang aman dimakan

ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, assalamualaikum selamat pagi Sobat Ast semua, gimana udah pada makan pagi ini Sob? apa? belum? sama aja kaya gue blom blom juga. Eh gimana kalau kita bahas tentang makanan nih Sob. Tapi agak alami sedikit ya Sob, yoha kita bergeser ke tempat yang agak sepi, tempat dimana hukum rimba sangat berlaku "siapa yang kuat dia yang menang" yups,,, dimana lagi jika bukan di "HUTAN". Nah sebagai manusia yang bijak (yang gak merasa bijak boleh ijin ke toilet sambil jinjing tas cabut deh...) tidak ada salahnya kita untuk mempelajari segala sesuatu yang baik atau yang buruk sekalipun. Lho kok begitu Ast? jikalau ente hannya belajar yang baiknya saja ente gak seimbang karena dalam dunia ini ada dua unsur yang akan selalu ada Sob yaitu; unsur kebaikan dan unsur keburukan, dan jika mau belajar jangan yang tanggung silahkan sampai tuntas. Nah cukup keterangan tentang baik dan buruk Sob kembali ke hutan, langsung aja ya Sob yang mana saja tumbuhan yang aman dimakan dan yang dapat menimbulkan keracunan silahkan Sob disimak ;

Tumbuhan yang dapat dimakan atau tidak beracun, menurut Professor Google bin Larry Page dan Sergey Brin (pendiri Google dua orang itu bro...) tumbuhan tak beracun ciri-cirinya adalah yang dimakan satwa. Tumbuhan yang daun, bunga, buah, atau umbinya biasa dimakan oleh satwa liar adalah tumbuhan yang tidak beracun, jadi kita bisa mengkonsumsinya. Yaitu meliputi dari (dan lagi-lagi menurut Professor besar Google bin Larry Page dan Sergey Brin) beberapa jenis tumbuh-tumbuhan :

1. Di antaranya keluarga palem-paleman, misalnya kelapa, kelapa sawit, sagu, nipah, aren, dan siwalan. Bukan hanya bagian umbutnya (bagian ujung batang muda dan berwarna putih) yang bisa dimakan, tapi juga buahnya (seperti kelapa dan siwalan).

2. Jenis jambu-jambuan yang masuk dalam keluarga Myrtaceae, juga banyak dijumpai di hutan. Ciri-ciri Myrtaceae adalah daunnya berbau agak manis jika diremas. Bunganya memiliki banyak sekali benang sari dengan buah yang enak dimakan.

3. Tumbuhan semak dari keluarga begonia, juga bisa jadi penyelamat dalam keadaan darurat. Daun begonia umumnya berbentuk jantung tidak simetris. Beberapa jenis dijadikan tanaman hias. Bila tangkai daunnya yang masih muda dikupas dan dimakan, rasanya masam dan sedikit pahit.

4. Beberapa jenis keladi umbinya bisa dimakan, meski pada jenis lain umbinya menyebabkan gatal di mulut dan bibir. Untuk itu dianjurkan untuk tidak sembarangan melahap keladi hutan. Sebaiknya dicoba dulu dalam jumlah kecil. Hindari makan iles-iles (Amorphophallus sp.). Sob yang iles-iles ini jikalau dibahas daku harus membuat artikel yang panjang dan lebar yang dapat membuat dirimu kebosanan membacanya coba yang ini saja yang Sobatku mohon maaf artikel Ast masih kurang lengkap jika demikian karena diriku hannya manusia biasa (lebay gak gue?).

5. Tumbuhan merambat dan melilit di pohon lain, bisa dimakan jika lilitan batang ke arah kanan (searah dengan jarum jam). Di antaranya gembili (Dioscorea aculeata), gembolo (Dioscorea bulbifera), ubi rambat. Tapi bila arah lilitannya ke kiri (berlawanan arah jarum jam) dan batangnya berduri, harus ekstrahati-hati. Jenis yang kedua ini misalnya gadung (Dioscorea hispida), yang beracun, walau tetap dapat dimakan setelah melalui proses pengolahan khusus (tapikan gak mungkin Sobat ngolah-ngolah dahulu secara dihutan perut laper udah keburu gak tahan warung jaraknya 1 hari perjalanan nah loh!). Sementara keluarga rumput-rumputan seperti tebu dan beberapa jenis bambu, rebungnya enak dimakan. Demikian pula pisang hutan bisa langsung dikonsumsi.

6. Di tempat yang lembap dan tinggi, jenis paku-pakuan tunas dan daun mudanya enak dimakan. Tumbuhan lain yang buahnya juga bisa dimakan misalnya markisa (Passiflora sp.). Markisa ini adalah tumbuhan merambat dengan bunga khas. Beberapa anggota keluarga sirsak (Annonaceae), misalnya Annona muricata, daging buahnya segar. Buah lainnya semisal senggani (Melastoma sp.), arbei hutan (Rubus), dan anggur hutan. Dan hindari mereka yang berwarna mencolok.

Nah sob untuk yang penggemar jamur ada juga nih jamur-jamur hutan liar yang enak dimakan lagi aman Sob. Menurut literatur, sudah ditemukan 38.000 jenis jamur di seantero dunia. Di antaranya ada yang enak dimakan tapi sayang yang tidak boleh dimakan karena beracun lebih banyak lagi. Nah maka dari itu Sob Ast berada ditengah-tengah kalian untuk apa? ya apa lagi jikalau bukan dan salah lagi untuk memberi tahu yang mana saja jamur yang aman dan yang beracun gitu lho Sob!!! Monggo Sob ;

Untuk mengetahui jamur itu beracun atau tidak, bisa dilihat dari bentuk, warna, dan tempat tumbuhnya. Sementara di laboratorium, bisa dilakukan analisis secara kimiawi maupun dengan hewan percobaan. Tetapi jika sedang dihadapkan pada masalah mendesak survival di hutan belantara, mustahil bisa pergi ke laboratorium dulu untuk memastikan apakah jamur yang ditemukan itu beracun atau tidak. Karena itu kita perlu mengenal jamur-jamur yang biasa dikonsumsi masyarakat Sob. Yaitu, Untuk menghindari makan jamur liar beracun, perlu diketahui ciri-cirinya. Yaitu, warna payungnya gelap atau mencolok misalnya biru, kuning, jingga, merah. Perkecualian untuk jamur kuping dengan payung coklat yang toh juga dapat dimakan. Bau tidak sedap lantaran kandungan asam sulfida atau amonia juga sekaligus menunjukkan jamur tersebut tak layak konsumsi.

Supa-upas Jamur Beracun

Wissen Sie nicht? (Tahukah Anda?), beberapa jenis jamur ada yang memiliki cincin atau cawan pada tangkainya, misalnya jenis Amanita muscaria, dalam bahasa Jawa disebut supa-upas. Bentuknya seperti payung putih kekuningan, bagian payungnya warna merah bintik-bintik putih. Awas, racun pada jamur ini tergolong racun kuat. Beda dengan jamur merang (Volvariella volvacea), meski mempunyai cincin tetapi bisa dimakan.

Jamur beracun umumnya tumbuh di tempat kotor, misalnya pada kotoran hewan dsb. Mereka dapat berubah warna jika dipanasi. Jika diiris dengan pisau perak atau digoreskan pada perkakas perak akan meninggalkan warna biru. Warna biru ini disebabkan kandungan sianida atau sulfida, yang beracun. Sementara nasi akan berwarna kuning jika dicampur jamur beracun. Petunjuk lain, ia juga tidak dimakan oleh hewan liar.

Repotnya jenis jamur ini juga berbahaya kalau sampai sporanya menempel pada kulit, karena dapat menyebabkan kulit gatal, bahkan melepuh. Bagaiamana ciri-ciri orang yang keracunan jamur? Selidikilah, apakah ia pusing, perut sakit terutama ulu hati, mual, sering buang air kecil, tubuh lemas, pucat? Jika ia muntah, adakah darah pada muntahannya? Racun akibat jamur cukup ganas juga, kalau tidak tertolong korban bisa meninggal setelah 3 – 7 hari.

Sebelum dimakan, tumbuhan liar di hutan sebaiknya dimasak dulu untuk mengurangi dampak buruk seperti diare dan alergi. Bagaimana kalau sedang coba-coba makan tumbuhan hutan lantas keracunan? Masih ada upaya menetraliskan. Upayakan untuk memuntahkannya dengan jalan “dipancing-pancing”. Jika sudah muntah minumlah air kelapa. Pil norit mungkin bisa juga membantu mengurangi kadar racun, kalau ada.

Belum cukup Sob penjelasan diatas? okay mari Sob cause asterprescott.blogspot.com ini tidak mau asal membuat artikel copas 1 menit jadi, kami persembahkan artikel terbaik yang bisa reader baca dengan lengkap dan insya Allah memenuhi keingin tahuan Sobat-Sobat pembaca, walaupun terkadang kami harus berulang kali meninjau dan berhari-hari menulis satu artikel. Insya Allah semoga artikel kami bermanfaat dan mohon maaf jika masih ada saja kekurangan yang ada, kami berusaha sebaik mungkin.

Tumbuh-Tumbuhan Liar Yang Aman Dimakan

1. Selada Air (Nasturtium microphyllum)


Selada Air, biasanya tumbuh didekat sumber air/mata air dan pastikan jika Sobat ingin mengkonsumsi tempat tumbuh Selada ini berada di air yang bersih. Selada Air ini bisa dimakan mentah ataupun diolah dimasak terlebih dahulu, cara mengolahnya sama seperti bayam ambil daun yang hijau segar dan tinggalkan batangnya dan bilas cuci bersih dengan air daunnya.

4. Common Chickweed (Stellaria media)


Common Chickweed, tanaman yang tumbuh keroyokan ini yang bannyak dianggap sebagai gulma ternyata bisa dimakan lho Sob. Common chickweed adalah sumber yang kaya potassium dan kalsium pastikan ya Sob dicuci dulu sebelum dimakan.

3. Prickly Pear atau Pear Kaktus


Prickly Pear, tanaman berduri yang dapat mendatangkan kesialan bagi Sobat yang tidak sengaja jatuh diatasnya ini tidak sia-sia lho Sob tumbuh. Orang Magelang bisa memanggilnya Prickly Pear atau Pear Kaktus dan pastikan dikupas dahulu kulit buahnya dan silahkan rasakan manfaatnya.

4. Arrowhead (Sagittaria latifolia)


Umbi tanaman Arrowhead

Arrowhead, untuk nama Indonesianya sendiri Ast kurang tahu deh Sob, Ast tannya sama Ast punya Emak eh dia juga gak tau Sob ya apa boleh dikata Sob. Tanaman yang suka tumbuh di tanah basah ini dikenal juga sebagai broadleaf arrowhead, duck potato, Indian potato, atau wapato. Tanaman ini menghasilkan umbi-umbian yang dapat dimakan dan digunakan juga oleh masyarakat Indian di Amerika. Kupas kulit umbi-umbian ini dan sebaiknya diolah dahulu jika untuk survival tekhnik membakar makanan atau memanggang cukup ampuh Sob untuk mengolah makanan.

5. Wild Onion



Wild Onion, bawang-bawangan liar tumbuhan satu ini jika di Magelang sana bisa orang-orang ditanam untuk hiasan pekarangan rumah mereka atau di pekarangan masjid-masjid. Yang ternyata bisa juga Sob dikonsumsi. Bisa tumbuh di dataran tinggi maupun rendah padang rumput maupun hutan, ambil umbi bawangnya dan kupas kulitnya seperti bawang biasa dan rebus dengan air garam.

 6. Murbei (Morus)


Murbei,  daunnya biasa untuk pakan ulat sutera dan masih sekeluarga dengan beri-berian. Buah yang sudah masak betul biasanya berwarna hitam Sob itu yang manis dimakan. Biasanya juga tanaman ini di tanam oleh pemilik rumah dipekarangan dan sudah tidak asing ya Sob dengan buah ini, okay kita lanjut.

7. Cantigi (Vaccinium varingiaefolium)


Buah Cantigi yang masak berwarna unggu tua


Cantigi, kayaknya tanaman ini Ast sering lihat jadi tanaman hias di jalan-jalan bener gak tut Sob? Tanaman yang berakar kuat ini bisa berfungsi sebagai penghalang terpaan angin, tempat singgahnya burung atau mungkin tempat para pendaki beteduh atau berpegangan ke dahannya yang kokoh. Tumbuhan ini pun sangat kuat dan tahan tehadap belerang dan tanah di kawah beracun. Yang dimakan adalah daun yang muda itu lho Sob ada yang berwarna unggu atau seperti diatas itu, dan ada juga buahnya bisa langsung dimakan berwarna unggu tua.

8. Ciplukan (Physallis angulata Linn/Physallis minima Linn)


Ciplukan atau Cecurut eh Cecendet Sob, nih jikalau ditempat daku berada suka tumbuh di empang pemancingan dekat rumah Sob, bannyak juga di sawah-sawah atau kebun Sob. Buahnya jika sudah masak akan berwarna kuning muda dan pembungkusnya yang seperti belimbing itu juga akan berwarna kuning muda menandai buah didalam sudah masak. Bisa untuk obat sakit perut juga paru-paru basah.

9. Stevia (Stevia rebaudiana Bertoni M)


Stevia, rasanya manis seperti sobat minum kaffee (bahasa Jerman Sob bukan gue salah nulis) dikasih gula dua sendok makan pake cangkir ukuran kecil gimana rasanya? Manissssssss nah begitulah rasa Stevia ini. Daunnya yang dimakan langsung dan dibeberapa negara sudah sejak dahulu sudah dibudidayakan juga indonesia baru-baru ikut membudidayakannya, aman untuk orang-orang penderita diabetes.

10. Begonia 


Begonia, tanaman semak belukar ini tumbuh di tempat  yang lembab dan di tanah yang banyak mengandung  air. Ciri-ciri tanaman ini yaitu hampir di semua bagian, baik batang maupun daunnya berbulu, batangnya berwarna merah tua dan daunnya berwarna hijau tua sedikit kekuning-kuningan dan bentuknya mirip daun labu siam. Batang tanaman ini yang Sobat bisa jadikan makanan survival, caranya dengan mengambil batang yang muda dan kupas kulit batang untuk menghilangkan bulunya dan makan batang yang sudah dikupas rasanya asam, dan itulah makanan survival kita tidak bisa memilah milih makanan ketika dihutan sementara perut sudah kelaparan.

11. Buah Lo


Lo Han Kuo atau enkoh Lo eh buah Lo, dapat dimakan mentah yang rasanya agak asam dan jika sudah direbus rasanya manis, dan begitulah yang engkoh Lo bilang kepada Ast.

12. Rotan

Rotan dan buah yang masih muda

Rotan, buahnya bisa dimakan dan ketika masak akan berwarna kuning, dan Rotannya sendiri jika ingin dikonsumsi ambil yang muda kupas bagian durinya dan makan bagian dalam rotan rasanya agak pahit.

13. Kecombrang (Etlingera elatior)


Kecombrang, bunganya biasa dijual untuk lalapan dan bisa untuk mengurangi bau badan. Batang tumbuah ini bisa dijadikan sabun alam dengan cara digeprek jangan terlalu hancur dan berikan sedikit air gosokan kebadan.

Sob, untuk keluarga tanam-tanaman Ast pikir cukup dreizehn (13) aja deh ya karena gak mungkin terlalu bannyak sekali nanti insya Allah kita sambung lagi. Artikel ini akan Ast sambung ke bagian Jamur, mengenal jamur-jamur yang aman dimakan dan yang beracun. So masukan Ast untuk survival "tidak ada makanan seperti makanan anak Mami di hutan kalian harus bertahan hidup dengan memakan apa yang enak atau tidak enak, pilihan jika survival hannya dua; bertahan hidup atau mati sia-sia. -Aditya Von Hermann". Saya ucapkan terimakasih bis zu weiter artikel...

Rewrite : Aster Prescott
Source : risalahatiku46.blogspot.com, bectbexty.wordpress.com, facebook.com, id.wikipedia.org, woamu.mangaku.net, api.ning.com, en.wikipedia.org, mediasolutions-sf.com, missouribotanicalgarden.org, anamanherba.com, semuatentangkita2.blogspot.com, rezaabdulkodir.files.wordpress.com, sehataja.com, indogreenwall.com, sobatadventure.com, rumputberkhasiatobat.wordpress.com, rimbagunong.blogspot.com, google.com
Notes : "Tidak ada makanan seperti makanan anak Mami di hutan kalian harus bertahan hidup dengan memakan apa yang enak atau tidak enak, pilihan jika survival hannya dua; bertahan hidup atau mati sia-sia. -Aditya Von Hermann".
Notes : Untuk artikel yang berhubungan dengan jamur silahkan bergeser kearah sini Jenis-Jenis Jamur Hutan Yang Aman Dimakan Dan Beracun 



Artikel Terkait Education


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.