LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Minggu, 23 Februari 2014

Ternyata Bannyak Khasiat Pepaya Dari Daun Sampai Akarnya

Carica Papaya

ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, assalamualaikum Sobat Ast selamat malam nih buat para pembaca. Malam ini Ast mau bagi-bagi artikel Khasiat Pepaya dan mungkin bagi sebagian orang ada yang memang lebih suka bau durian daripada bau Pepaya ya Sob, padahal jika sobat tahu manfaat dari buah yang sebagian orang tidak suka karena baunya tenyata dari daun sampai akarnya bermanfaat semua Sob. Coba Sobat baca dulu sampai habis, silahkan Sob ;

Dalam 100 gram pepaya, terkandung 78 miligram vitamin C, jadi Pepaya mengandung vitamin C yang lebih banyak. Satu-satunya buah yang mampu mengalahkan pepaya dalam hal kandungan vitamin C-nya, hanyalah jambu biji, yang mengandung vitamin C sebanyak 87 miligram per 100 gram dan cukup hitung-hitung kandungan vitaminnya mari kita lihat apa saja khasiat yang bisa buah Pepaya ini lakukan untuk kesehatan Sobat.

Seluruh bagian Pepaya, mulai dari akar sampai dengan ujung daunnya termasuk bunga dan buahnya, mempunyai nilai medis yang tinggi. Bunga Pepaya yang telah dimasak dan dimaniskan dengan gula, bisa digunakan untuk mengobati penyakit kuning dan bronchitis. Kulit batang pohon Pepaya, bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. Akar dan getah Pepaya memiliki khasiat yang luar biasa. Keduanya mengandung zat aktif non-gizi, yaitu karpain, karposit, kautsyuk, dan papayotin, yang bisa berfungsi sebagai antibiotik. Akar Pepaya juga bisa dibuat teh untuk menghilangkan parasit-parasit usus, mengobati penyakit kuning dan penyakit ginjal, dan menghentikan perdarahan.

Pepaya mengandung serat pektin. Serat yang satu ini, memiliki kemampuan yang sangat hebat, yaitu mampu menghilangkan rasa lapar satu hari penuh. Berdasarkan hasil sebuah penelitian yang dimuat di Journal of The American College of Nutrition, orang yang mengonsumsi buah yang mengandung pektin, memiliki rasa kenyang empat jam lebih lama daripada orang yang juga mengonsumsi buah, tapi tidak mengandung pektin. Pektin ini, terdapat di antara kulit dan daging buah. Oleh karena itu, jika mengupas buah, tidak boleh terlalu tebal, agar pektin tidak terbuang dengan percuma. Selain itu, serat yang dikandung oleh Pepaya, sangat halus. Hal tersebut, menjadikan buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia.

Buah yang memiliki nama Latin Carica papaya L. ini, juga mengandung zat papain. Keistimewaan zat ini adalah mampu membantu tubuh kita untuk mencerna makanan yang memiliki ukuran 35 kali lipat lebih besar dari ukuran Pepaya yang kita konsumsi. Zat ini, tersebar di seluruh bagian buah dari kulit sampai dengan biji, sehingga tidak mengherankan bila sejumlah ahli gizi sering memberi anjuran kepada orang-orang yang memiliki masalah dengan pencernaannya, untuk rajin mengonsumsi Pepaya lengkap dengan bijinya. Di Cina, biji Pepaya sudah lazim dikonsumsi oleh masyarakat pribumi dengan cara dikeringkan, kemudian diramu menjadi minuman teh. Dengan demikian, rasa pahit yang dikeluarkan oleh biji, akan lenyap sama sekali.

Mengonsumsi buah Pepaya secara teratur, dapat menghindarkan kita dari risiko terserang penyakit kanker kandung kemih, kanker kolon, kanker pankreas, dan kanker paru-paru. Selain itu, mengonsumsi Pepaya secara teratur juga membuat lendir usus yang secara negatif mempengaruhi sistem pencernaan kita bisa dikurangi, bahkan parasit-parasit usus bisa dicerna.

Diantara manfaat-manfaat buah Pepaya ini Sob ada pantangan juga nih buat para Ibu hamil bahwa dilarang mengonsumsi buah Pepaya terutama Pepaya yang masih muda atau mentah atau mengkal dan juga kulit; daun; biji (segar/kering); dan getahnya, karena bagian-bagian buah tersebut, memiliki efek untuk menggugurkan kandungan.

Nah Sob sampai kita pada ulasan mendetail tentang khasiat-khasiat dari daun sampai akar Pepaya ini, ayo Sob mari jangan tinggal dulu dibaca dulu monggo :

Biji Pepaya


Biji Pepaya tak dapat disepelehkan manfaatnya, selain bisa dijaadikan bibit untuk ditanam lagi juga bisa dijadikan obat yang sangat berkhasiat, antara lain sebagai berikut :

1. Biji Pepaya sebagai antibakteri. Penelitian telah dilakukan dan menemukan kalau biji Pepaya ternyata efektif membasmi E. coli, Salmonella, dan infeksi Staph.

2. Biji Pepaya dalam perlindungan ginjal. Penelitian telah menemukan kalau dari ekstrak biji Pepaya dapat melindungi ginjal dari racun-diinduksi gagal ginjal.

3. Biji Pepaya dalam menghilangkan Parasit usus. Ada bukti bahwa biji Pepaya membasmi parasit usus. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada anak-anak Nigeria dengan parasit usus, 76,7% dari anak-anak bebas parasit setelah tujuh hari pengobatan dengan biji Pepaya dibandingkan dengan hanya 16,7% dari anak-anak yang menerima plasebo.

4. Biji Pepaya basmi Racun hati. Dalam pengobatan di negeri Cina diyakini kalau sesendok teh biji Pepaya dapat membantu detoksifikasi hati. Biji Pepaya juga sering direkomendasikan oleh para dokter secara alami dalam pengobatan pada sirosis hati.

5. Biji Pepaya atasi cacingan. Penyakit memalukan ini juga sangat baik dibasmi dengan biji Pepaya, bahkan sangat ampuh katanya.

Daun Pepaya


Daun Pepaya sangat hebat dalam hal membantu merawat indra penglihatan. Daun Pepaya mengandung vitamin A sebanyak 18.250 SI (satuan internasional). Jumlah ini lebih banyak dari vitamin A yang dikandung wortel sayuran yang diklaim paling hebat dalam hal merawat indra penglihatan, yang hanya sejumlah 12.000 SI. Selain itu, kandungan carposide di dalam daun Pepaya, telah diketahui mampu membantu penyembuhan orang yang sedang menderita penyakit cacingan.

Di balik rasa pahit itu terdapat zat Carpein. Carpein pada daun pepaya, pertamakali diketemukan oleh Dr. Gresfoff, dari Batavia (sekarang Jakarta) pada tahun 1890. Penelitian lebih lanjut terhadap peluang carpein sebagai bahan obat penyakit jantung, dilakukan oleh Dr. Von Oefele pada tahun 1893, meskipun hasilnya tidak terlalu memberikan harapan.

Dan berikut khasiat-khasiat daun Pepaya lainnya :

1. Obat Jerawat
Caranya, ambil 2-3 lembar daun Pepaya tua. Jemur sebentar kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan satu setengah sendok air. Lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang terkena jerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih. Boleh nih Sob dicoba buat yang sering banget jerawatan.

2. Menambah Nafsu Makan
Bagi anak-anak khasiat dan manfaat daun Pepaya sangat baik untuk menambah nafsu makan, terutama bagi anak-anak yang sulit makan.Caranya, ambil daun Pepaya segar yang memiliki ukuran sebesar telapak tangan, tambahkan sedikit garam dan juga air hangat setengah cangkir. Campur semuanya kemudian di blender, setelah selesai saring airnya, dan air tersebut lah yang memberikan khasiat daun Pepaya yang sangat baik untuk menambah nafsu makan. Yang ini jadi flashback lagi Ast ketika masih TK dulu sering banget Ibu cekokin ramuan hitam pekat daun Pepaya ini supaya Ast semangat makan.

3. Anti Kanker
Kanker memang merupakan salah satu penyakit yang mematikan, dan khasiat daun Pepaya dipercaya mampu untuk mencegah penyakit kanker tersebut, ini karena daun Pepaya memiliki kandungan getah putih seperti susu atau disebut juga dengan White Milky Latex. Getah putih tersebut dapat dikembangkan sebagai anti kanker, dan getah putih yang memberikan manfaat daun Pepaya tersebut, dan akan kita dapatkan apabila kita mengkonsumsi daun Pepaya secara dimasak atau dengan proses lainnya.

4. Memperlancar Pencernaan
Memakan daun Pepaya yang sudah direbus baik dimakan dengan atau tanpa makanan pendamping lainnya dapat membantu memperlancar pencernaan. Hal ini dikarenakan didalam daun Pepaya terdapat zat karpain, yaitu sejenis kandungan kimia yang dapat membunuh mikroorganisme jahat yang mengganggu pencernaan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya makan rutin daun Pepaya rebus setiap hari selama beberapa hari.

5. Pengontrol Tekanan Darah
Khasiat dan manfaat daun Pepaya juga sangat baik untuk menstabilkan tekanan darah, terutama bagi penderita tekanan darah tinggi.

Caranya, siapkan 5 lembar daun Pepaya, lalu direbus dengan campuran air setengah liter. Dimasak sampai airnya menyisakan tiga perempat, setelah selesai biarkan air tersebut menjadi dingin, kemudian dapat ditambahkan madu sebagai pemanis air daun Pepaya tersebut. Dan gak kebayang Sob madunya harus berapa botol...

Selain khasiat daun Pepaya yang disebutkan tadi, khasiat daun Pepaya juga masih ada lagi seperti kandungan serat pangan dalam daun Pepaya dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah aterosklersosis dan juga mencegah penyakit jantung. Khasiat dan manfaat daun Pepaya juga sangat baik untuk menunjang program diet yang sedang kita jalankan. Dan bagi kaum wanita yang menyusui, manfaat daun Pepaya juga sangat baik untuk membantu melancarkan ASI.

6. Obat Nyeri Haid
Bagi kaum wanita khasiat daun Pepaya juga sangat baik untuk meredakan nyeri saat haid. Caranya cukup ambil 1 lembar daun Pepaya, lalu tambahkan asam jawa serta garam, dan dicampur dengan segelas air dan kemudian rebus. Kemudian ambil airnya, tambahkan 2 sendok madu dan aduk dinginkan ramuan daun Pepaya tersebut kemudian minum.

7. Obat Demam Berdarah
Khasiat daun Pepaya juga sangat baik untuk mengobati gejala demam berdarah. Caranya, ambil 5 lembar daun Pepaya muda, lalu tambahkan setengah liter air dan direbus sampai bersisa tiga perempatnya, kemudian tambahkan sedikit garam, 2 sendok madu, dan diminum selagi hangat. Buatlah pagi, sore dan menjelang tidur sampai gejala demam berdarah sembuh.

8. Sebagai Pelunak Daging
Daun Pepaya dapat langsung digosok-gosokkan pada permukaan daging. Penggosokan daun pada daging tersebut dimaksudkan untuk mengeluarkan getah (lateks) yang terdapat pada daun agar keluar, kemudian masuk dalam daging.

9. Daun Pepaya Muda untuk Diabetes atau Kencing Manis
Khasiat daun Pepaya muda juga sangat baik untuk mengobati Diabetes atau Kencing Manis

Bahan-bahan:
1-3lembar daun Pepaya muda.
2-5 lembar sirih yang bertemu uratnya.

Cara membuat:
Tumbuklah daun Pepaya dan daun sirih yang bertemu uratnya sampai halus, kemudian beri setengah gelas air, lalu peras dan saring. Kemudian minum ramuan tersebut dua kali sehari, pagi dan sore hari.

Bunga Pepaya


Sob, sekilas bunga Pepaya ini mirip dengan bunga melati ya Sob. Eh tapi jangan salah dulu mirip-mirip begini tapi beda khasiat coba deh baca dulu Sob.

Mereka yang baru pertama kali berkunjung ke kawasan timur Indonesia (NTT, Sulawesi, Maluku dan Papua), akan selalu bertemu dengan menu sayur bunga Pepaya di mana-mana. Di kawasan ini, sayur bunga Pepaya bukan hanya sekadar menu eksklusif, melainkan kebutuhan sehari-hari. Karenanya, bunga Pepaya selalu tampak dijual di warung-warung dan pasar. Kalau kita lihat fisik orang NTT, Bugis, Maluku dan Papua yang kuat-kuat, salah satu penyebabnya adalah sayur bunga Pepaya ini. Sebab menurut penelitian fitokimia Departemen Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB), bunga jantan segar Pepaya gantung, ternyata mengandung zat antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan bunga Pepaya gantung adalah flavonoid, tanin, steroid - triterpenoid, dan karbohidrat. Penelitian dilakukan dengan cara ekstraksi sinambung menggunakan n-heksana, metilen klorida, etil asetat, dan metanol. Dari ekstrak metanol diperoleh satu senyawa amida dan dari ekstrak n-heksana diperoleh satu senyawa steroid. Hasil uji aktivitas antioksidan dengan metode reduksi larutan 1,1-difenil-2 pikrilhidrazil menunjukkan, ekstrak metanol memiliki aktivitas penangkap radikal bebas paling kuat dengan nilai EC50 0,3537 mg/mL. Hingga selain lezat rasanya, bunga pepaya gantung ternyata juga berkhasiat bagi kesehatan.

Di kawasan timur Indonesia, sayuran ini biasa disantap bersama talas, keladi, ubi jalar dan singkong. Bagi mereka yang belum terbiasa mengkonsumsinya, rasa sayuran ini agak aneh. Kalau kita tidak bisa memasaknya, bunga Pepaya malahan akan terasa pahit. Rasa pahit ini tidak hanya terdapat pada bunga, melainkan terutama pada daun, dan penyebabnya adalah alkaloid carpein (C14H25NO2).

Akar Pepaya 


Sebagian manfaat akar Pepaya adalah untuk obat cacing, gunakan akar pepaya kering 10 gram, bawang putih 1 gram, dan air 100 ml. Bahan dipotong-potong, kemudian dididihkan dengan air selama 15 menit, baru disaring. Bila perlu, tambahkan air matang sehingga diperoleh hasil saringan 75 ml. Dan selebihnya silahkan Sobat baca dibawah :

1. Untuk mencegah risiko batu ginjal, ambil tiga potong akar Pepaya, kemudian rebus dengan satu liter air sampai mendidih, kemudian saring. Setelah dingin, campur dengan sedikit madu (Madu jangan dicampur bila rebusan air akar belum dingin, karena akan merusak khasiat dr madu tersebut.) lalu minum.

2. Untuk sakit kandung kemih, dan digigit ular berbisa, Potong-potong 10 gram akar Pepaya kering dan 1 gram bawang putih. Didihkan campuran bahan dalam air 100 ml selama ± 15 menit, lalu disaring (bila perlu tambahkan air matang sehingga diperoleh hasil saringan 75 ml, diminum tiga kali sehari masing-masing 25 ml).

3. Untuk mencegah risiko batu ginjal dan radang ginjal, Bersihkan 30 gram akar Pepaya, rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc kemudian saring setelah dingin campur dengan sedikit madu lalu minum (3 kali sehari masing-masing 150 cc). Atau juga dengan cara Bersihkan 30 gram akar Pepaya, campurkan akar Pepaya 15 gram tanaman kumis kucing segar dan 30 akar alang-alang, rebus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc, kemudian disaring dan minum 2 kali sehari masing-masing 200 cc. Untuk gangguan saluran kencing, Cara mengolah : Ambil 3 potong akar Pepaya, rebus dengan 1 liter air hingga mendidih kemudian saring dan minum ½ gelas satu kali sehari.

4. Untuk mengobati rematik cara mengolah : Haluskan 30 gram akar Pepaya, 20 gram daun jeruk nipis, 15 gram sambiloto segar, 20 gram daun ketepeng cina, 30 gram daun sirih segar, dan 5 buah cabai rawit. Rendam campuran dalam alkohol 75% selama 7 hari, kemudian peras dan saring. Gunakan airnya untuk menggosok dan mengurut bagian yang sakit. Lakukan 2-3 kali sehari.

Buah Pepaya



1. Pepaya mampu mempengaruhi hormon pertumbuhan manusia, yang mampu membantu peningkatan kesehatan otot dan mengurangi penimbunan lemak di dalam tubuh,

2. Pepaya mampu membantu mempercepat proses pencernaan protein.

3. Pepaya mampu membantu pengaturan asam amino dan membantu proses detoksifikasi racun dari dalam tubuh. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh akan kian meningkat,

4. Pepaya membantu meningkatkan kualitas sperma. Pepaya terbukti secara signifikan dalam membantu proses kesuburan pria. Dengan mengonsumsi vitamin C yang dikandung oleh Pepaya sebanyak 500 miligram per hari, maka para pria dapat meningkatkan jumlah sperma, menstimulasinya menjadi lebih subur, dan yang paling penting mempercepat pergerakan sperma, yang pada akhirnya mempercepat terjadinya kehamilan,

5. Pepaya merupakan salah satu buah yang amat baik dijadikan sebagai sumber antioksidan, yang bisa diandalkan untuk mengenyahkan radikal bebas pemicu penyakit kanker, karena Pepaya mengandung vitamin C dan karoten dalam jumlah yang lumayan banyak.

6. Pepaya memiliki sifat antiseptik dan dapat membantu mencegah perkembangan bakteri yang dapat merugikan usus. Selain itu, Pepaya membantu menormalkan pH usus, sehingga keadaan flora usus menjadi normal.

7. Pepaya yang telah masak dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit disentri dan reumatik.

8. Dan Pepaya yang belum masak bisa digunakan untuk obat Sob, obat apaan Ast? obat lapeeerrrr, tinggal kasih sama situ punya emak bilang mak otong lapeeerrr tolong dong masakin sayur paya...

Yang terakhir mah akal-akalan gw aja sob biar gak melulu baca cemberut sekali-sekali napa ketawa sendiri biar sekalian makan buah Pepaya sembari baca artikelnya bang Ast wuidiih nikmat bener dah tuh idup. Saya Aditya Von Hermann aka Aster Prescott, salam jam 03:00 Am salam ngantuk jika demikian saudara-saudara selamat berisirahat, tchüss...

Edited : Aster Prescott 
Source :  kaskus.co.id, bebeja.com, 3.bp.blogspot.com, sekolahalamarridho.files.wordpress.com, sunpride.co.id



Artikel Terkait Health


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.