LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Minggu, 02 Maret 2014

Ini Dia Manfaat Minum Air Putih


ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, assalamualaikum apa kabar Sobat semua hari ini semoga sehat-sehat saja ya. Air putih adalah mineral wajib yang harus kita konsumsi setiap hari, seseorang bisa bertahan hidup tanpa makan untuk 8 minggu tetapi tanpa air manusia hannya bertahan hidup antara 3-5 hari, pengecualian jika kondisi orang tersebut prima mungkin bisa bertahan beberapa lama lagi daripada yang disebutkan diatas.

Pada beberapa kasus tertentu, seperti dikutip dari Howstuffworks, dimana seseorang memiliki kondisi tubuh yang tidak baik maka kemungkinan orang tersebut hanya bisa bertahan tanpa makanan selama 10 sampai 14 hari saja. Orang yang mengalami kelaparan tingkat tinggi ditandai dengan halusinasi, kejang-kejang, detak jantung yang tidak beraturan serta tidak berfungsinya organ-organ tertentu.

Sedangkan hidup tanpa air berbeda dengan hidup tanpa makanan. Jika udara sangat panas dan tidak ada air, maka dehidrasi bisa terjadi dalam waktu satu jam saja. Karena itu seseorang bisa saja meninggal dalam waktu hitungan jam jika tidak memiliki air dan berada dalam kondisi yang panas. Namun, jika kondisi sekitarnya tidak terlalu panas atau dingin, seseorang bisa bertahan tanpa air 3 sampai 5 hari.

Manusia sangat membutuhkan air untuk bisa bertahan hidup, karena setiap hari orang kehilangan cairan melalui keringat, urin, feses bahkan saat bernapas hingga 1,5 liter per hari. Air sangat penting untuk organ-organ dalam tubuh agar bisa bekerja dengan baik.

Risiko utama orang hidup tanpa air dan kondisi panas adalah suhu tubuh akan terus meningkat dan orang tersebut bisa mengalami 'heat stroke'. Tapi jika orang tersebut minum air maka menurunkan suhu inti dan dapat mendinginkannya.

Orang yang kehilangan banyak cairan akan ditandai dengan mulut kering, mata cekung, jantung berdetak cepat, mudah tersinggung, muntah dan diare. Tahap akhir dari dehidrasi adalah tubuh mengalami shock yang ditandai dengan kulit biru keabu-abuan dan dingin jika disentuh.

Taukah Sobat Ast sekalian? bahwa meminum air putih di pagi hari dapat membuang racun dan melancarkan metabolisme tubuh. Seperti yang Ast pernah baca minimal 2 gelas air putih cukup untuk membuang racun tubuh setelah kita baru bangun tidur. 

Berikut Manfaat Minum Air Putih Di Pagi Hari :

1. Menghidrasi Sel Tubuh Sobat

Saat tidur tubuh boleh jadi memang tidak bergerak banyak, namun organ tubuh tetap bekerja untuk memperbaiki sel-sel tubuh dan juga terjadi penguapan air dalam tubuh. Maka wajar jika dehidrasi terjadi saat setelah bangun tidur. Karena itu sangat dianjurkan untuk menhidrasi tubuh Sobat setelah tidur dengan minum air putih, namun begitu jangan langsung minum dengan volume yang cukup banyak. Cukup 1-2 gelas saja agar volume darah tidak mengalami peningkatan secara tajam yang justru akan memperberat kerja jantung.

2. Detoksifikasi Tubuh

Minum air putih setelah bangun tidur dapat membuang racun dan memurnikan tubuh. Selain mendapatkan kesehatan tubuh yang lebih baik, dengan minum air putih setelah bangun tidur juga bisa membuat kulit menjadi lebih bersih dan halus.

Dengan air putih saja sebenarnya cukup untuk bisa mendetoks tubuh dari racun, namun akan lebih optimal jika ditambahkan perasan air lemon. Dalam sebuah buku karangan dr Gillian McKeith dijelaskan bahwa segelas air hangat yang ditambahkan perasan air lemon di pagi hari setelah bangun tidur bisa membersihkan berbagai lender yang tidak bermanfaat dalam tubuh sehari sebelumnya. Dan lebih baik lagi hal ini juga dilakukan sebelum kita tidur.

3. Membantu Mengurangi Berat Badan

Minum iar putih disaat perut sedang kosong bisa memperlancar  dan meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh. Dengan minum air putih juga bisa membuat kenyang sehingga bisa menunda lapar, maka hal ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

4. Mencegah Sakit

Bisa jadi kita sakit dikarenakan tubuh kita kekurangan cairan Sob, karena air memang memegang peranan penting dalam menjaga sitem limfatik. Ketika sitem limfatik tidak berjalan seimbang maka bisa jadi tubuh kita lemah saat melawan infeksi, namun ketika system limfatik ini seimbang, maka tubuh akan bisa melawan infeksi dengan lebih baik.

Itulah beberapa manfaat dari meminum air putih di pagi hari Sobat sekalian. Berikut khasiat membiasakan meminum air putih ketimbang air-air yang lain Sob  (Air yang mengandung bannyak kalori) :

1. Selalu Tampil Awet Muda

Faktanya, minum air putih di pagi hari sangat efektif membuang dan membersihkan racun yang berada di darah melalui keringat dan urine. Sehingga tubuh akan lebih sehat dan segar sepanjang hari.

2. Bantu Bangkitkan Otot

Sel-sel yang tidak mampu mempertahankan keseimbangan akan cairan dan elektrolit akan berakibat pada kelelahan otot.  Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, mereka tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya berkurang. Minum air saat berolahraga juga sangat penting. American College of Sports Medicine merekomendasikan bahwa dua jam sebelum berolahraga sebaiknya seseorang meminum 17 ons cairan.

3. Kendalikan Kalori

Sejak lama, orang yang sedang menjalani program diet melakukan kebiasaan banyak minum air putih sebagai strategi menurunkan berat badan. Meskipun air tidak menghasilkan efek magis, menggunakannya sebagai pengganti minuman berkalori tinggi tentu saja akan sangat membantu.

"Program diet akan berhasil jika Sobat memilih air atau minuman non-kalori sebagai pengganti minuman yang berkalori. Lalu diet dengan makanan yang kaya cairan yang lebih menyehatkan, berisi dan membantu Sobat memangkas kalori," ungkap peneliti dari University State of Pennsylvania Barbara Rolls, PhD, penulis buku The Volumetrics Weight Control Plan.

4. Pertahankan Keseimbangan Cairan Tubuh

Fakta medis menunjukkan tubuh manusia 60 persen terdiri dari cairan.  Fungsi-fungsi cairan ini adalah untuk proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi, dan mempertahankan suhu tubuh.

6.  Pertahankan Fungsi Normal Usus

Asupan cairan yang cukup akan membuat makanan yang melewati saluran cerna dapat mengalir lancar dan mencegah terjadinya konstipasi. Ketika Sobat tidak punya cukup cairan, usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja untuk tetap menjaga hidrasi. Alhasil, tentu saja buang air besar Sobat akan bermasalah.

7.   Pelihara Fungsi Ginjal

Cairan tubuh merupakan media yang juga mentransportasikan sisa atau limbah untuk keluar dan masuk ke dalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diproses dan dieksresikan dalam bentuk urine.  

Ketika tubuh memiliki cukup cairan, urine akan mengalir bebas, jernih, dan bebas bau. Ketika tubuh tidak punya cukup cairan, konsentrasi urine, warna, dan bau akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Tak heran bila Sobat minum sedikit air, risiko Sobat mengalami batu ginjal akan meningkat terutama pada iklim hangat atau panas.

Demikian Sob manfaat air putih bagi tubuh dari sejak bangun tidur sampai untuk aktivitas sehari-hari. Semoga posting ini dapat membantu sobat untuk memahami fungsi tubuh sendiri akan pentingnya air bagi tubuh. Saya Aditya Von Hermann, sampai jumpa di post berikutnya.

Edited : Aster Prescott
Source : idcleansui.com, facebook.com, brzns.blogspot.com, health.kompas.com



Artikel Terkait Health


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.