LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Rabu, 28 Mei 2014

Membuat Kabel LAN Straight

Photography by Aditya Von Herman


ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, assalamualaikum sobat Ast semua, sudah agak lama nih Ast gak buat posting. Apa kabar nih Sob? Baik yaa... alhamdulillah jika demikian.

Sesuai dengan judul diatas mari sedikit kita mengenal fungsi kegunaan kabel LAN Straight dulu ya Sob. Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya. Contoh penggunaan Kabel Straight adalah sebagai berikut :

1. Menghubungkan antara computer dengan switch.
2. Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL.
3. Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL.
3. Menghubungkan switch ke router.
4. Menghubungkan hub ke router.

Setelah kita mengetahui fungsi kegunaannya mari Sob kita mengenal alat dan bahan untuk membuat kabel LAN ini.

1. Pertama kita membutuhkan Kabel LAN itu sendiri, di pasaran ada beberapa jenis kabel LAN. 
  •  Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)

UTP cable


Kabel UTP merupakan kabel yang paling banyak digunakan dalam pemasangan jaringan. Kabel UTP terdiri dari 4 atau 8 pasang kabel kecil yang berbeda warna kemudian twisted/dililit satu sama lain dengan bantuan perekat (pembungkus) kepala kabel. Guna perekat pada kepala kabel tersebut adalah untuk melindungi dan menyediakan jalur bagi tiap-tiap kabel, serta mengurangi terjadinya konsleting arus listrik diantara ke-4 kabel tersebut ketika arus sedang menyala.

Konektor yang dipakai pada kabel UTP ini bertipe konektor RJ-45, konektor yang terbuat dari bahan plastik dan banyak kita temui pada konektor sambungan telepon, ethernet atau juga ISDN. Kelebihannya, kecepatan yang dapat didukung dari kabel UTP mampu mencapai kecepatan maksimal 100 mbps, dengan kecepatan rata-rata 10 mbps, sehingga data yang dikirim memiliki kecepatan transfer tinggi.

Namun kekurangannya, kabel UTP memiliki jangkauan jarak yang cukup pendek yaitu hanya sampai pada jarak 100 m, dan kabel UTP tergolong sensitif terhadap kehadiran perangkat listrik yang lain, apalagi perangkat yang mendukung munculnya reaksi gelombang frekuensi radio, karena hal itu dapat mengganggu penghantaran sinyal ke perangkat-perangkat yang terhubung.

Metode pemasangan kabel UTP pada jaringan komputer terbagi atas 2 metode, pertama, kabel dipasang secara lurus, kedua, kabel dipasang dengan bentuk silang. Penerapan kedua metode itu masing-masing menyesuaikan dari jenis perangkat apa yang ingin disambungkan. Misalnya, jika kabel UTP dipasang secara lurus (straight), maka akan sangat cocok menyambungkan beberapa perangkat yang berlainan model, contohnya : menghubungkan PC ke hub atau menghubungkan PC ke switch. Tetapi apabila ingin menyambungkan sebuah perangkat yang modelnya sejenis, metode silang (cross) lebih tepat diterapkan. Contohnya, menyambungkan switch dengan switch (untuk artikel mengenai kabel cross over Ast akan buat artikel menyambung selanjutnya).

  • Kabel STP (Shielded Twisted Pair)

STP cable

Kabel STP dengan Kabel UTP sebenarnya merupakan pembagian dari kabel jenis Twisted Pair. Karena itu, fungsi dan bentuknya dilihat dari beberapa sisi masih memiliki kesamaan. Dari segi bentuk, kabel STP juga terdiri atas 4 atau 8 pasang kabel kecil di dalamnya, yang masing-masing memiliki warna yang berbeda. Tetapi pada ke-4 pasang kabel tersebut telah dilapisi pembungkus tambahan, berupa selubung tembaga atau aluminium foil dalam rangka mengatasi timbulnya gangguan atas reaksi-reaksi yang disebabkan perangkat listrik ataupun unsur lain yang dapat mempengaruhi kinerja jaringan.

Tipe konektor yang digunakan Kabel STP ada 2 jenis, kabel STP produksi lama kemungkinan besar masih menggunakan tipe konektor RJ-45 sama halnya kabel UTP, sedangkan saat ini produksi kabel STP terbaru sudah sedikit lebih maju, dengan menggunakan konektor ground, tidak lagi berbahan plastik tetapi sudah berlapis logam, alhasil proteksi kabel ini lebih baik.

Karena dibuat dan dilapisi dengan bahan-bahan yang berkualitas (Seperti penggunaan pelindung aluminium, logam, tembaga), tentunya harga yang ditawarkan untuk mendapatkan kabel STP sedikit lebih mahal daripada kabel UTP. Walaupun sebenarnya dilihat dari kualitasnya kabel STP mengungguli dalam beberapa hal, misalnya saja kabel STP ini tahan terhadap kelembaban/cuaca udara (dapat dipasang di luar ruangan), mencegah resiko masuknya air pada celah konektor, tidak terpengaruh gangguan dari luar dan jarak jangkauan lebih jauh.

Kekurangan kabel STP : Harganya yang mahal, kemudian ketika terjadi kerusakan pada kabel STP sulit untuk diperbaiki karena komponen penyusun yang tebal, keras dan kuat.

2. Setelah Kabel LAN kita membutuhkan konektor yang umumnya dipakai standard di negara Indonesia yaitu Konektor RJ45.

Konektor RJ45


RJ45 adalah konektor kabel Ethernet yang kebanyakan memiliki fungsi sebagai konektor pada topologi jaringan komputer LAN atau pada tipe jaringan yang lainnya. Konektor RJ45 ini dapat kita temukan pada ujung kabel UTP/STP dan menghubungkan ke transceiver. Fungsi RJ 45 yaitu sebagai penghubung antara kabel UTP (Unsield Twisted Pair) atau STP (Shielded Twisted Pair) menuju ke Transceiver.

3. Setelah kebel dan RJ45 nya sudah didapat siapkan penjepit RJ45 yang disebut Crimping.

Crimping tool

Crimping tool adalah alat untuk memasang kabel UTP/STP ke konektor RJ-45/RJ-11 tergantung kebutuhan. Bentuknya macam-macam ada yang besar dengan fungsi yang banyak, seperti bisa memotong kabel, mengupas dan lain sebagainya. Ada juga yang hanya diperuntukan untuk crimp RJ-45 atau RJ-11 saja. Antara lain fungsi Crimping ini adalah:

1. Digunakan untuk memotong kabel
2. Digunakan untuk mengelupas kabel
3. Digunakan untuk Crimping RJ-45

Nah, bagaimana alat dan bahan sudah diperkenalkan diatas kan Sob, eh tapi masih ada yang kurang nih Sob apa hayo Sob? ini dia "Urutan Warna Kabel LAN Straight", silahkan Sobat Ast perhatikan urutan gambarnya dibawah :

Color code LAN straight

Disini Ast tidak akan memberi tahu cara Crimping ataupun tekhnik membuat LAN, tapi Sob tenang Ast gak pelit ilmu kok jika ada yang masih belum bisa membuat LAN ini Ast punya Kontakt diatas silahkan Email saja atau telefon gak ada biaya kecuali biaya pulsa ditanggung sendiri. Semoga artikel ini bisa membantu Sobat dalam belajar ilmu komputer.

Saya Aditya Von Herman, dan terimakasih atas kunjungan Sobat Ast. Semoga hari Sobat menyenangkan...

Hasil jadi kabel LAN

Rewrite By : Aditya Von Herman
Source : jaringannetwork.blogspot.com, sisilain.net, 3.bp.blogspot.com, bliorange.com, company7.com



Artikel Terkait Reparation


1 komentar:

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.