LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Kamis, 12 Juni 2014

Perlukah Antivirus Pada Android?


Android VS Virus


ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, assalamualaikum Sobat Ast sekalian selamat malam, Sobat punya perangkat Android? Pernah terpikir gak Sob antara penting gak sih aplikasi antivirus di perangkat Android itu dan ketika instal aplikasi antivirus ini ada konsekuensi yang user harus ambil pertama aplikasi antivirus selalu running untuk proteksi perangkat Sobat dan memakan masa baterai juga memakan kapasitas RAM perangkat sobat. Yah... Kalo kapsitas RAM paling gak 1GB gak jadi masalah ya Sob tapi jika 512MB? Nah, maka dari itu Ast akan mengulas tentang pertannyaan itu semua, mari Sob disimak ;

Sebenarnya Sob untuk virus di Andoid itu termasuk langka ya, karena Android berbasis Linux maka tidak mudah untuk terserang virus. Yang bannyak kemungkinan adalah android terserang Malware adalah suatu program yang mencuri data-data user. Selain Antivirus itu memakan space RAM karena selalu running on background memakai aplikasi antivirus menurut Ast tidak begitu diperlukan jika Sobat tidak rooting perangkat android tersebut. Yang memungkinkan Sobat terkena adalah Malware yang mencuri data-data password dll dari perangkat Android Sobat, cara yang cukup simple daripada harus memakai antivirus yang memakan sebagian besar RAM perangkat Sobat lebih baik perhatikan tips untuk menghindari Malware dibawah ini :

1. Sobat harus bijak menyeleksi software-software yang sobat sudah maupun akan download di play store ataupun lewat file APK dari manapun. Biasanya aplikasi-aplikasi yang tidak resmi dan ratingnya sedikit di play store gak beres tuh Sob saran Ast jangan main instal aplikasi tanpa reviewnya terlebih dahulu "WARNING pengetahuan bahasa inggris sanggat dibutuhkan", apalgi aplikasi yang gak resmi jika sobat ragu mending tidak untuk menginstalnya dalam perangkat Sobat.

2. Nah Sob, pernah browsing lewat Android lalu muncul pop up bahwa Android sobat terjangkit virus dan sobat diminta meng klik atau mendownload sesuatau dari pop up tersebut? ini yang perlu diwaspadai Sob jangan asal mengklik yes yes saja ya, jika web/blog tersebut mencurigakan lebih baik close saja biasanya ada udang dibaik bakwan "ada malware dibalik pop up mencurigakan!" saran Ast tinggalkan!

3. Binggung? Kok tiba-tiba ada file terkirim ke perangkat lewat Bluetooth. Eits... Jangana main dibuka aja Sob dan sebetulnya trik ini sudah ada waktu jaman OS Symbian merajai ranah ponsel dunia.

4. Bagi yang sudah rotting Android pastikan Sobat tidak asal memberikan hak akses "Super User" pada aplikasi, bisa saja dalam aplikasi tersebut terkandung zat-zat berbahaya eh maksud Ast Malware.
5.Jika Sobat mempunyai RAM setidaknya 1GB tidak ada masalah jika Sobat menginstall aplikasi antivirus.
6. Google memasukkan beberapa pengaturan ke dalam sistem operasi Android yang dapat mencegah serangan malware. Perangkat Android 4.2 ke atas memiliki akses ke pemindai malware milik Google. Fitur ini dapat diaktifkan dengan masuk ke Settings, klik Security dan centangkan kotak "Verify apps".

Sebetulnya apa sih yang dimaksud Malware itu dan berbahaya tidak untuk kelangsungan hidup perangkat saya? Malware adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan utama mencari kelemahan software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating sistem. Tapi kebannyakan Malware di android bersifat "mencuri" Malware yang paling umum adalah pesan singkat penipuan dan invasi kehidupan pribadi. Malware pada ponsel memungkinkan penjahat cyber untuk mencegat pesan, memonitor panggilan, mencuri informasi pribadi dan bahkan dapat mendengarkan mikrofon perangkat. Dan ini bahayanya Android jika terjangkit Malware :

1. Jadi boros baterai adalah salah satu dampak negatif Malware, tapi memang bisa saja karena Sobat mengaktifkan GPS, WIFI, PAKET DATA, LIVE WALLPAPER itu ceritanya lain Sob. Tapi bila Android Sobat menjadi lebih boros dari biasanya. Waspadai sudah ada penyusup berupa malware dan adware, seperti jumlah aplikasi dengan tampilan iklan yang banyak. Tentunya selain bisa menguras koneksi data, juga dapat menggerogoti kemampuan baterai.

2. Boros pulsa dan paket data juga termasuk dampak negatif Malware Sob. Akibat terjangkit malware bisa berdampak pada terkurasnya pulsa. Selain menggerogoti pulsa paket data lewat aplikasi dan iklan, pulsa juga bisa berkurang karena SMS yang dikirimkan ke berbagai nomer oleh malware. Untuk modus SMS ini memang jarang dijumpai, dan biasanya sistem malware akan mengirim secara berkala.

3. Performa Android melorot, meski hape Android berbekal prosesor dual core atau bahkan quad core, plus RAM 2GHz bukan jaminan untuk performa handal, pasalnya bila Android telah disusupi malware akan banyak program yang berjalan bergerilya di background, tidak terlihat kasat mata tapi sangat berpengaruh pada penggunaan RAM (random access memory).

4. Gangguan saat mentelpon, Malware dapat juga mempengaruhi panggilan masuk atau keluar ketika bertelpon.

Jadi setelah kita melakukan penelitian diatas kesimpulannya adalah tergantung penggunaan perangkat Android Sobat, mau digunakan bisnis, sering transaksi perbankan atau segla sesuatu yang berhubugan dengan data penting, saran Ast gunakan Antivirus yang baik, dan pastikan perangkat Sobat mempunyai RAM yang cukup untuk tempat hidup Antivirus ini jangan sampai nanti aplikasi lain harus selalu ngambek karena tempat hidupnya digusur si Antivirus. Jika Sobat tidak melakukan rooting, dan juga perangkat tersebut hannya untuk bermain saja saran Ast gunakan tips untuk menghindari Malware diatas tadi Sob.

Ast rasa cukup sekian Sobat, berhubung jam sudah menunjukkan pukul 2:31 AM kelihatannya ada yang ngantuk nih mau istirahat. Selamat pagi dan semoga hari Anda menyenangkan...

Written By : Aditya Von Herman
Source : ilmu-android.blogspot.com, antaranews.com, selular.co.id, antaranews.com, Google.com



Artikel Terkait Android


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.