LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Sabtu, 06 September 2014

Perbanyak Membaca Dan Merenung


ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, Berpengatahuan luas, mengusai banyak teori keilmiahan, berwawasan budaya, berpikir secara orisinil, memahami permasalahan dan argumentasi pijakannya, adalah sedikit dari sekian banyak faktor yang dapat membuat kelapangan di dalam hati.

(Sesungguhnya, yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya hanyalah ulama.) QS. Fathir: 28

(Bahkan yang sebenarnya, mereka mendustakan apa yang mereka belum mengetahui dengan sempurna) QS. Yunus: 19

Orang yang berpengetahuan luas adalah orang yang berpikir bebas dan berjiwa teduh. 
Akan semakin luas dengan kontribusi yang diberikan,
dan akan semakin sempit ketika merasa cukup.

Seorang pemikir barat menyatakan,"Sya punya sebuah berkas besar di dalam laci kantor. Dibagian atasnya tertulis: 'Kebodohan-kebodohan yang saya lakukkan.' Saya tuliskan semua kesalahan, keteledoran, dan hal-hal sepele yang saya lakukkan pada siang dan malam hari, agar saya bisa membuang semua itu. 

Komentar saya, "Anda bukan orang pertama yang melakukkan itu. Para ulama terdahulu dari umat Islam telah melakukkan itu dengan ber-muhasabah secara mendalam dan mengontrol diri secara ketat."

Dan aku bersumpah dengan jiwa yang amat menyesali (dirinya sendiri) QS. Al-Qiyamah: 2

Hasan Al-Bashri mengatakan, "Orang muslim itu sangat ketat melakukkan muhasabah  terhasap dirinya sendiri, lebih ketat dibandingkan dengan kontrol seorang pedagang dengan mitra dagangnya."
Rabi' ibn Khutsim selalu menulis apa yang dia ucapkan dari hari Jum'at yang satu hingga hari Jum'at berikutnya. Jika apa saja yang dia ucapkan selama minggu itu baik, maka dia akan memuji Allah. Dan jika jelek, maka dia akan ber-istighfar. 

Seorang ulama dari kalangan salaf pernah berkata, "Aku pernah melakukan dosa empat puluh tahun yang lalu, dan aku pun memohon kepada Allah agar mengampuniku. Dan, aku senantiasa memohon kepada-Nya ampunan (atas dosa yang selalu membayangiku itu hingga saat ini)."

(Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut) QS. Al-Mu'minun : 60

Muhasabahlah Diri Anda Sendiri 

Biasakanlah untuk selalu membawa buku catatan untuk melakukan muhasabah terhadap diri sendiri. Catat hal-hal negatif yang selalu Anda kerjakan! Kemudian, mulailah mencari jalan keluar untuk menghindarinya.

Umar pernah berkata, "Lakukan muhasabah terhadap diri sendiri, sebelum orang lain melakukanya terhadap diri Anda. Timbanglah (amal perbuatan) dirimu, sebelum orang lain menimbangnya. Dan, hiaslah diri anda untuk hari penampilan agung."

Rewrite By : Aditya Von Herman
Source : Buku La Tahzan Hal: 283-284 



Artikel Terkait Advice (Nasihat) ,La Tahzan (Jangan Bersedih!)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.