LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Minggu, 07 Desember 2014

Kamera Apa Yang Cocok Untuk Saya? "Photographer Pemula"


ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, Assalamualaikum Sobat selamat pagi. Hi, bagaimana kabar Sobatku semua yang baik hatinya? Semoga kalian semua selalu sehat wal afiat. Topic Ast kali ini tentang photography Sob, dan membahas kamera yang cocok bagi kalian yang baru memulai photography. 

Hobby photography adalah hobby mahal, ya memang begitu Sob! Mahal jika Sobat memutuskan untuk langsung bergerak ke arah professional photographer. Buat mahasiswa seperti Ast terkadang jenuh juga hannya kuliah dan belajar, dan suatu waktu Ast juga butuh sesuatu yang baru dan Saya pikir, Saya cinta seni photography dan saya mahasiswa budget saya terbatas untuk hobby tersebut.

Dan Ast putuskan membeli kamera pocket yang seharga 900 ribu rupiah brand Nikon. Dan kalian harus tahu Sobatku yang bijak-bijak, seni itu bukan kita berbicara "hannya" canggihnya barang seni yang kita punya untuk membuat suatu rupa, tapi canggihnya kreativitas dan kemampuan seseorang dalam mengolah sesuatu yang "biasa saja" menjadi ruar binasa! (eh "luar biasa!").

Dari Ast untuk Sobatku sekalian, jika Saya boleh menyarankan tanpa menggurui kalian yang bisa saja lebih senior dari Saya. Jika kalian baru memulai hobby ini "Photography" cobalah putuskan untuk membeli kamera yang standard saja terlebih dahulu untuk bahan pelajaran pertama kali. Jika kalian Sobatku merasa lebih mampu untuk memulai langsung ke kamera DSLR yang harganya luar biasa juga menurut Ast (gimana gak luar binasa boss, tuh DSLR harganya kalo ana pikir dapet laptop satu berprosesor entry level paling gak 3 jeti Bung!). 

Apa Sih Kamera Yang Standard Ast Dan Baik Untuk Newbie Photographer?
Okay Sob, kita punya dua pilhan diantara lain ada Pocket Camera dan Prosumer Camera. Kita bahas lebih rinci yuk:

Salah satu Pocket Camera Nikon L26 yang Ast miliki, dan menurut Ast kualitas dari hasil jepretnya sangat memuasan dengan resolution 16.1 MP serta sensor CMOS yang cukup baik untuk menangkap gambar dalam ruangan maupun diluar ruangan


Pocket Camera (kamera saku)  adalah kamera otomatis yang menggunakan format pengambilan gambar dan penyimpanan digital dengan ukuran kecil dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa.

Kamera saku digital pada umumnya memiliki karakter yang sama seperti kamera saku manual (yang menggunakan media film). Sebagai kamera saku, kamera ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kemampuan untuk menangani pencahayaan yang lemah dan fokus atas (Close up).

Asiknya Pocket:
1. Sensor Yang Lebih Kecil (tapi jangan salah sangka Sob, walupun kecil kamera pocket keluaran tahun 2012 keatas sudah sangat bagus sensornya).
2. Ukuran yang lebih kecil dan mudah dibawa kemana-mana, dan tidak memakann tempat jika dibawa bepergian.
3. Harga yang murah dan terjangkau.
4. Kualitas hasil jepret lebih baik ketimbang kamera smartphone. 

Nikon P600 salah satu kamera prosumer yang mempunyai 60x zoom, dan jika Sobat mahu tahu kamera prosumer ini beda dengan DSLR ya Sob karena lensa kamera prosumer tidak bisa dilepas, tapi sekarang prosumer sudah "mensejajarkan diri" dengan DSLR dengan kemampuannya untuk di ganti-ganti lensanya walau belum banyak pilihan. Contoh prosumer camera yang bisa diganti lensanya adalah Olympus Pen E-P1, Panasonic Lumix GF1, Samsung NX10. Seperti pada DSLR, setiap merk, lensanya tidak compatible satu sama lain. (sentradigital.com)


Istilah "prosumer" merupakan gabungan PROfesional dan conSUMER. Bila sebuah camera disebut sebagai model prosumer biasanya ditandai kemampuan point and shoot tapi memiliki fitur lebih canggih dibanding pocket camera antara lain seperti dimilikinya kemampuan pemakaian secara manual untuk pengaturan exposure, ISO, tersedianya format RAW image capture. Prosumer camera ditargetkan untuk konsumen yang antusias pada fotografi. (sentradigital.com)

Asiknya Prosumer:
1. Zoom pada lensanya panjang berkisar seperti contoh Nikon P600 sampai dengan 60x zoom lensa, dan ada juga yang 18x, 40x tergantung tipe dan brand kameranya.
2. Untuk yang suka gaya nih ye, wujud kamera prosumer mirip-mirip DSLR jadi jika Sobat mau sekalian dibilang "Wuidihhh... kang photo professional" silahkan pilih prosumer.
3. Kemampuan yang lebih baik daripada pocket camera Sob, ada beberapa setting yang bisa kita set manual dan itu berguna untuk mengkreasikan gambar yang kita jepret agar hasilnya lebih sesuai keinginan kita (hal yang kalian tidak dapatkan di pocket camera).
4.Harga bisa nego lah... kisaran 1.5 jeti Sobat sudah bisa bawa pulang tuh prosumer, eh ada juga Sob yang sampe 2.2 juta bahkan lebih. Tergantung brand dan type.

Jadi bagaimana Sobatku sekalian, mau pilih Prosumer atau Pocket? Ingat hobby itu jika tidak mampu bisa saja kok Sobatku yang bijak-bijak sekalian, silahkan kalian mulai dengan yang sesuai kemampuan Sobat. Ini Ast ada beberapa photo hasil jepret kamera Nikon L26 yang biru tadi diatas Sob:













Sekian Sob, Aditya Von Herman mohon undur diri, bis bald...

Written By : Aditya Von Herman
Inspiration : petphotographyhq.com, trueworldreview.com, freekaamaal.com



Artikel Terkait Photography


1 komentar:

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.