LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Selasa, 09 Desember 2014

Stress


ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, Bismillah hirrahman nirrahim. Stress dalam arti secara umum adalah perasaan tertekan, cemas dan tegang. Dalam bahasa sehari–hari stress di kenal sebagai stimulus atau respon yang menuntut individu untuk melakukan penyesuaian. Sedangkan menurut Levy, Dignan, dan Shifers (dalam Astuti,2003) mengatakan bahwa stress merupakan beberapa reaksi fisik dan psikologis yang ditunjukkan seseorang dalam merespon beberapa perubahan yang mengancam dari lingkungannnya yang disebut stresor.

Dari sudut pandang ilmu kedokteran, menurut Hans Selye seorang fisiologi dan pakar stress yang dimaksud dengan stress adalah suatu respon tubuh yang tidak spesifik terhadap aksi atau tuntutan atasnya. Jadi merupakan respon automatik tubuh yang bersifat adaptif pada setiap perlakuan yang menimbulkan perubahan fisis atau emosi yang bertujuan untuk mempertahankan kondisi fisis yang optimal suatu organisme.

Sedangkan dari sudut pandang psikologis stress didefinisikan sebagai suatu keadaan internal yang disebabkan oleh kebutuhan psikologis tubuh atau disebabkan oleh situasi lingkungan atau sosial yang potensial berbahaya, memberikan tantangan, menimbukan perubaha-perubahan  atau memerlukan mekanisme pertahanan seseorang. 

Menurut Wangsa (2010) istilah stress berasal dari kata “stringere“ yang mempunyai arti ketegangan, dan tekanan. Stress merupakan reaksi yang tidak diharapkan yang muncul disebabkan oleh tingginya tuntutan lingkungan kepada seseorang. Dimana harmoni atau keseimbangan antara kekuatan dan kemampuannya terganggu. 

Sedangakan menurut wikpedia bahasa Indonesia Stress adalah suatu kondisi Anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Stress adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat.

Dari kutipan-kutipan diatas Sobat sekarang telah mengetahui apa itu stress menurut arti umum dan menurut sudut pandang ilmu kedokteran. Menurut Sobat apa sih faktor utama yang mengakibatkan stressnya seseorang Sob? Tentunya yang Ast maksudkan dalam artikel ini bukan orang "gila" ya Sob, melainkan orang yang jiwanya sedang tertekan berat karena beratnya suatu masalah yang sedang dihadapinya.

Menurut Ast pribadi, faktor stress manusia yang tinggal di ibu kota akan lebih dominan dibandingkan orang-orang yang tinggal di desa. Kehidupan di kota selain tidak sehat, banyaknya polusi dan udara yang panas karena kurangnya lahan hijau bisa juga penyumbang utama faktor stress selain susahnya mencari penghidupan di kota metropolitan.

Beberapa Hal Yang Bisa Menghilangkan Stress

Sob, bosen gak sih Sobat tinggal di kota besar seperti Jakarta ini? Dengan macetnya, panasnya, ketidak perdulian orang-orangnya, kasarnya ibu kota, dan lain-lain saya rasa kalian sudah tahu lah.

1. Melakukan hal yang kalian suka di saat semuanya sudah jenuh dilakukan. Kalian hobi apa Sob? Jika Saya, hobi Saya photography dan ketika jenuh Saya ambil kamera Saya dan mulai jalan keluar ambil gambar-gambar yang menarik.

2. Melakukan perjalanan akan membuat diri Sobat lebih kaya akan pertemuan dan pengalaman baru. Eh Sob, kalian suka backpacking? Kalian harus coba yang satu ini "Backpacking" juga adalah suatu cara orang-orang barat menjauhi hal yang membuat mereka stress berat.

3. Wisata kuliner atau kita sebut saja ini "makan-makan", bisa juga sih Sob orang stress gak mau makan. Tapi, tapi daripada perut laper pikiran pusing, makan adalah salah satu cara menikmati hidup.

4. Stress bisa juga diakibatkan karena kita tidak sering berbagi kepada sesama. Bannyak orang-orang kaya yang hidupnya hampa dan tidak jauh dari stress, kenapa tuh Sob? Bisa juga karena mereka tidak mau berbagi kebahagaiaan kepada orang yang kurang kebahagiaan. Ingat kata Christopher McCandless "Hapiness only real when shared..." Kebahagiaan hanya nyata jika kita berbagi... Dan kami orang-orang Muslim menyebut ini S-E-D-E-K-A-H.

5. Melihat laut atau sungai, buah-buahan yang masak langsung dari pohonnya, Ast pernah suatu waktu baca Sob. Bahwa aliran air (sungai) yang mengalir dapat menghilangkan stress maupun buah-buahan masak yang masih menggantung di pohonnya. Karena mau bagaimanapun kecanggihan teknologi tidak akan pernah bisa mengalahkan kecanggihan design alam dari sang Almighty (Yang Maha Kuasa).

Terkadang ada gambaran diatas otak ini bahwa "mungkin kehidupan di alam liar akan lebih memberikan kesan dibandingkan dengan kehidupan metropolis yang serba uang dan tuntutan yang dibebankan atau terbebankan".

Obat Stress

Dari sisi pandang agama, kita Muslim diajarkan membaca dan memahami Al Quran, shalat lima waktu dan ibadah-ibadah lain termasuk sedekah. Dan ternyata orang-orang yang melakukan itu semua bukan berarti mereka anti stress, melainkan ketika mereka merasa stress mereka mengingat Tuhannya. Dan dengan mengingat Allah hati menjadi tenang...

1. Al Quran, dalam kasus yang ini katanya orang-orang kebanyakan bilang jika ente masih muda + baca Al Quran mereka bilang dan meledek kalian "Pak Ustad" dan gak bagettzzzz alias kuno gak gaul. Et dah Bro! Gimana lu gak stress. Ingat Sob Al Quran didalamnya banyak jawaban dari berbagai macam masalah.

Mas Bro, Al Quran itu obat hati juga obat jiwa cara pakainya gampang. Jika puyer diminum, jika balsem digosok, yang ini (Al Quran) dibaca dan dipahami seakan-akan Anda sedang memandang wajah kekasih dan sedang mendengar kata-katanya dengan mata yang memperhatikan dan hati yang terbuka lebar untuk siap memahami apa yang dikatakannya.

2. Hal apa yang paling mudah dilakukan di dunia ini? Jawabnya meninggalkan shalat. Manusia itu jika sudah meninggalkan shalat jiwanya pasti hampa dan menagih apa yang seharusnya sudah haknya, seperti perut yang menagih makanan ketika sudah waktunnya makan.

Shalat itu jika dalam komputer fungsinya seperti F5 yaitu fungsinya untuk merefresh otak lagi dan membuatnya segar kembali.

3. Sedekah, berapa banyak orang di luar sana merasa kurang dan kurang padahal yang lain masih banyak yang lebih kurang darinya bahkan lebih mengenaskan hidupnya.

Sedekah itu obat hati hei Sahabatku. Sedekah itu yang utama adalah membuat orang ridho dan senang hati akan tindakan Kamu hei yang mempunyai jiwa besar.

"Maka ingatlah kapada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku." Qs. Al-Baqarah 152

"(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata "inna lillahi wa inna ilaihi raji un" (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali)." Qs. Al-Baqarah 156

Written By : Aditya Von Herman
Inspiration : more23dy.blogspot.com, google



Artikel Terkait Advice (Nasihat) ,Education ,Health


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.