LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Senin, 05 Januari 2015

Mau Doa Dikabulkan? Coba Deh Berdoa Pada Waktu-Waktu Ini


ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, Bismillah hirrahman nirrahim assalamualaikum selamat pagi Sobat. Jika ada yang bilang Islam adalah agama yang banyak aturannya dan segala ini itu ada doanya. Yes, itu memang benar dan itu semua Allah berikan untuk mendisiplinkan hamba-hambanya. Tidak sembarangan jika kita ingin doa itu dikabul, dan bukan berarti juga doa itu tidak dikabul, Ast percaya semua doa itu pastinya dikabul tetapi ada waktu-waktu mustajab yang utama untuk orang berdoa. Kapan saja waktu-waktu itu Sob? Mari silahkan disimak Sob :

Ketika Saat Hari Hujan
Kalian tahu Sob? Hujan itu adalah rahmat dari Allah yang maha pemberi rahmat jadi ketika hari sedang hujan disitulah rahmat Allah sedang disebar. Sepatutnya moment seperti ini kita manfaatkan untuk berdoa hajat-hajat kita kepada Allah SWT. Terutama pada saat awal-awal mulai musim hujan, semoga Allah mengabulkan hajat-hajat kalian Sob, amin. Mulai sekarang jangan protes jika hari mulai hujan, bagaimanapun juga kedinginan/kehujanan lebih baik daripada terbakar sinar matahari alias kepanasan.

Ketika Sedang Sujud Dalam Shalat
Rasullullah saw bersabda:

"Sedekat-dekatnya seorang hamba kepada Tuhannya ialah ketika dia sedang bersujud, karena itu perbanyaklah doa (di dalamnya)" (HR. Muslim)

Dan di tempat-tempat lain dalam salat juga banyak yang berupa doa, dalam al-Fatihah, i'tidaal, tahiyyat, dll. Ini sesuai dengan pengertian salat itu sendiri, yakni secara bahasa salat berarti "doa". Namun demikian pada saat sujud lebih dianjurkan untuk memperbanyak dan tidak dibatasi. Ini sesuai dengan hadis berikut:

"Ketahuilah bahwa aku dilarang membaca al-Qur'an ketika ruku' dan sujud. Adapun saat ruku' maka agungkanlah Allah dan ketika sujud bersungguh-sungguhlah untuk berdoa..." (HR. Muslim)

Ketika Berbuka Puasa 
Selain berpuasa melatih diri agar bisa menahan nafsu, juga berpuasa mencegah penyakit-penyakit berat yang dapat dibawa oleh makanan yang kita makan. Salah satu penyumbang terbesar penyakit dalam tubuh adalah makanan yang kita makan Sob.

Dan Sobat tahukah? Ketika seseorang berpuasa dan waktu untuk berbuka puasa telah datang, ada doa bagi mereka yang berbuka yang tidak akan ditolak.

Dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash Radhiyallahu ‘anhu bahwa dia mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

"Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa pada saat berbuka ada doa yang tidak ditolak." (Sunan Ibnu Majah, bab Fis Siyam La Turaddu Da'watuhu 1/321 No. 1775. Hakim dalam kitab Mustadrak 1/422. Dishahihkan sanadnya oleh Bushairi dalam Misbahuz Zujaj 2/17)

Ketika Antara Adzan dan Iqamah
Ketika muadzin selesai mengumandangkan adzan Sobat bisa berdoa hajat kalian, ingat diantara adzan dan iqamah.

Dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash Radhiyallahu ‘anhu bahwa dia mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

"Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa pafa saat berbuka ada doa yang tidak ditolak." (Sunan Ibnu Majah, bab Fis Siyam La Turaddu Da'watuhu 1/321 No. 1775. Hakim dalam kitab Mustadrak 1/422. Dishahihkan sanadnya oleh Bushairi dalam Misbahuz Zujaj 2/17)

Ketika Pada Waktu Terjaga Di Malam Hari
Dari ‘Amr bin ‘Anbasah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

"Tidaklah seorang hamba tidur dalam keadaan suci lalu terbangun pada malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan dunia atau akhirat melainkan Allah akan mengabulkannya." (Sunan Ibnu Majah, bab Doa 2/352 No. 3924. Dishahihkan oleh Al-Mundziri 1/371 No. 595)


Terbangun tanpa sengaja pada malam hari (An-Nihayah fi Gharibil Hadits 1/190) Yang dimaksud dengan “ta’ara minal lail” yaitu terbangun dari tidur pada malam hari.

Sesaat Pada Hari Jumat
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwa Abul Qasim Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Sesungguhnya pada hari Jumat ada satu saat yang tidak bertepatan  seorang hamba muslim shalat dan memohon sesuatu kebaikan kepada Allah melainkan akan diberikan padanya, beliau berisyarat dengan tangannya akan sedikitnya waktu tersebut." (Shahih Al-Bukhari, kitab Da’awaat 7/166. Shahih Muslim, kitab Jumuh 3/5-6)

Waktu yang sesaat itu tidak bisa diketahui secara persis dan masing-masing riwayat menyebutkan waktu tersebut secara berbeda-beda, sebagaimana yang telah disebutkan oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari 11/203.

Dan kemungkinan besar waktu tersebut berada pada saat imam atau khatib naik mimbar hingga selesai shalat Jum’at atau hingga selesai waktu shalat ashar bagi orang yang menunggu shalat maghrib.

Berikut sudah Ast rangkum beberapa waktu ketika doa itu lebih diutamakan (bukan berarti doa itu tidak dikabul jika berdoa selain daripada waktu tersebut, jadi mohon dibaca secara baik dan jelas!). Jika masih ada kekurangan atau kesalah pahaman mohon dikoreksi bagi kalian yang lebih tahu, dan terimakasih sudah berkunjung sampai jumpa di posting selanjutnya.

Written By : Aditya Von Herman
Inspiration  : facebook.com, muslimah.or.id, image by google



Artikel Terkait Islamic Religion


2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum akhi, tulisannya bagus2 dan bermanfaat banget untuk nambah pengetahuan, syukron katsiro... semangat terus untuk menulis dan berbagi ilmu!

    BalasHapus
  2. baik untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi kaum musliimin dan muslimat untuk giat berdoa untuk negara indonesia.

    BalasHapus

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.