LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Rabu, 25 Februari 2015

Banyak Orang-Orang Baik Diluar Sana Tetapi Belum Tentu Mereka Orang Yang Ikhlas


ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, Bismillah Hirrahman Nirrahim, Assalamualaikum Sobatku selamat malam semuanya. Apa kabar hari ini kalian Sob? Bagaimana hari-harinya? Ast harapkan yang terbaik buat kalian semua. Berbicara tentang ikhlas Ast punya definisi sendiri nih Sob, bagi Ast memang benar orang-orang berkata "banyak orang baik diluar sana", ya! Itu memang benar adanya. Tapi Sobatku, baik itu belum tentu redho, ikhlas, rela. Mari Sob kita bahas lebih lanjut lagi :

Ikhlas Menurut Agama Islam

Ikhlas adalah buah dan intisari dari iman. Seorang tidak dianggap beragama dengan benar jika tidak ikhlas. Katakanlah: 

“Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.” (Al-An’am: 162)

Surat Al-Bayyinah ayat 5 menyatakan, “Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus.” Rasulullah saw. bersabda, “Ikhlaslah dalam beragama; cukup bagimu amal yang sedikit.”

Tatkala Jibril bertanya tentang ihsan, Rasul saw. berkata, “Engkau beribadah kepada Allah seolah engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, maka sesungguhnya Allah melihatmu.” Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak menerima amal kecuali dilakukan dengan ikhlas dan mengharap ridha-Nya.”

Apa Sih Itu Ikhlas?

Secara bahasa, ikhlas bermakna bersih dari kotoran dan menjadikan sesuatu bersih tidak kotor. Maka orang yang ikhlas adalah orang yang memberi tanpa meminta kembali, tidak berharap pengembalian dari selain Allah, mengungkit-ungkit pemberian, meninggalka jejak dalam beramal (maksudnya, memberi pertolongan tetapi menunjukkan bahwa dia tinggal di sini dan namanya si ini, supaya yang diberi tahu bahwa orang dermawan ini tinggal disana untuk menunjukkan kepada orang yang dia beri bahwa dia adalah si dermawan dan pantas diingat. Untuk kasus yang lain bisa jadi orang tersebut tergabung dalam badan amal dan memang setiap bulannya di rumahnya membagikan makanan atau uang untuk orang yang membutuhkan. Jadi jangan salah pemikiran, jika demikian itu sah-sah saja tidak riya), bahkan sekedar ucapan terimakasih dari orang yang dia beri kebaikan.

Sedangkan secara istilah, ikhlas berarti niat mengharap ridha Allah saja dalam beramal tanpa menyekutukan-Nya dengan yang lain. Memurnikan niatnya dari kotoran yang merusak.

Seseorang yang ikhlas bisa digambarkan seperti ini Sobatku, dia makan makanan yang harganya mencapai jutaan pada waktu malam harinya, dan ketika pagi harinya dia pergi ke kamar mandi untuk buang hajat, maka tiada penyesalan dari hatinya bahwa makanan seharga jutaan rupiah yang semalam dia makan sudah menjadi sisa pencernaan dan dibuang begitu saja. Dia sadar dan dia paham malahan jika makanan sisa pencernaan tersebut tidak dia keluarkan maka akan menjadi penyakit dalam tubuhnya, maka dia tidak memikirkannya lagi apa yang dia sudah makan semalam dan tidak menyesalinya ketika dia membuangnya.

Begitu juga dengan keikhlasan dalam tindakan sehari-hari Sobatku yang baik hatinya, menurut Ast pribadi, "banyak orang-orang baik diluar sana tetapi belum tentu mereka orang yang ikhlas". Maka dari itu orang baik banyak tapi orang ikhlas jarang Sob. Orang ikhlas sudah tentu baik, tetapi orang baik belum tentu ikhlas.

Beramalah seakan-akan hidup Anda sudah tinggal hari ini saja, dan berbuat baiklah dengan ikhlas Sobatku yang baik-baik sekalian. Beramal tidak hannya dengan uang tetapi dengan perilaku dan tindakan baik kepada makhluk Tuhan. Mengalah kepada orang yang mendahului Anda, menyenangkan hati lawan bicara ketika dia sedang bicara dengan menatap matanya tersenyum mendengarkannya dengan sungguh-sungguh walaupun Anda tidak tertarik dengan topiknya, berkatalah baik kepada orang yang berkata buruk kepada Anda, cobalah ikhlas bersabar kepada orang yang mencurangi Anda, dan itu adalah sebagian kecil dari orang-orang yang  berciri-ciri ikhlas dalam kepribadiannya. Cobalah Sob, memang bicara lebih mudah dibanding praktiknya...

Wah, ente banyak omong lu! Kaya dirinya ude bagus aja amalanya! Mohon maaf Sobatku jika Anda tersinggung dalam banyaknya kata-kata yang Saya uraikan, tetapi prinsip Saya menjalani hidup adalah memperbaiki apa yang salah dari hari ke hari dan berbagi yang bermanfaat untuk sama-sama kita ambil hikmahnya bersama, toh ketika saya kesusahan dalam hidup, seakan bumi ini sempit menghimpit, tiada lain dan tiada bukan kebaikan dan amalan-amalan baik Sayalah yang akan membawa keberuntungan dan pertolongan untuk Saya atas izin Allah SWT.

Bukan niat Ast untuk menggurui, dan semoga blog ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang sedang mencari ilmu, Saya Aditya Von Herman dan selamat malam semua Sobatku selamat beristirahat, semoga malam Anda menyenangkan, einen schönen Abend, und guten Abend.

Written By : Aditya Von Herman
Source : ridlofalaky.com, dakwatuna.com
Notes : Orang ikhlas sudah tentu baik, tetapi orang baik belum tentu ikhlas



Artikel Terkait Advice (Nasihat) ,Islamic Religion ,My Heart


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.