LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Minggu, 08 Maret 2015

Ini Dia Manfaat Wortel


ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, Bismillah Hirrahman Nirrahim, Assalamualaikum Sobatku selamat siang. Apa kabar Sobat hari ini? Semoga sudah makan siang dan sehat selalu. Oh iya Sobat, omong-omong tentang sehat taukah Sobat bahwa sayuran wortel itu bagus untuk kesahatan mata. Baik yang mempunyai mata rabun dan lain-lain karena, Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi wortel baik untuk penglihatan pada mata, terutama bisa meningkatkan pandangan jarak jauh. Selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium.

Mau tahu Sob apa saja manfaat wortel bagi tubuh kita? Mari Sobatku silahkan disimak :


Wortel segar tersedia di pasar sepanjang tahun. Untuk membeli wortel yang baik, pilihlah wortel yang  muda, dan umbi yang berwarna cerah. Hindari umbi yang lembut, lembek, dengan bekas cidera atau memar. Selanjutnya, hindari membeli wortel dengan ukuran yang sangat besar,  karena ini menunjukkan wortel yang sudah terlalu tua,  ini akan memberikan kualitas makanan yang buruk.

Paparan sinar matahari cahaya yang berlebihan pada bagian atas umbi akan menimbulkan warna kehijauan yang dekat ujung atas, hal ini karena klorofil deposisi foto-pigmen. Meskipun hal ini mungkin tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan, bagaimanapun wortel yang seperti itu akan tidak manis jika dimakan. Selain itu mungkin bisa mengindikasikan wortel terkena penyakit atau budidaya tanaman yang kurang baik.

Cuci wortel  secara menyeluruh dalam air mengalir untuk menghilangkan debu, tanah, atau bekas insektisida/fungisida. Umumnya, Kalau ada ujung daunnya sebaiknya dipotong sebelum wortel disimpan. Wortel dapat bertahan hingga 1-2 minggu jika disimpan didalam lemari es.

Wortel dikenal sebagai sumber vitamin khususnya untuk kesehatan mata. Wortel berasal dari negara Afghanistan yang kemudian berkembang di negara arab dan akhirnya menjalar ke seluruh dunia. Beta Carotene yang terkandung didalam wortel mampu untuk mencegah penyakit kanker (kanker servik pada wanita ) serta sistem kekebalan tubuh yang menghasilkan killer cell alami.

Wortel lebih bergizi jika dimasak dulu. Wortel ternyata lebih bergizi, jika dikonsumsi setelah dimasak. Tradisi obat-obat China juga menyarankan agar wortel dipanaskan lebih dulu sebelum dikonsumsi.

Selain itu, artikel pada Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2000 melaporkan hasil kerja peneliti dari Universitas Arkansas di AS. Ternyata, pemanasan mampu meningkatkan aktivitas antioksidan wortel rata-rata 34% lebih tinggi daripada dalam keadaan mentah. Kok bisa? Wortel punya cukup banyak dinding-dinding sel yang keras, sehingga banyak antioksidan berbagai senyawa yang masih terikat dan terperangkap dalam susunan senyawa lainnya. Nah, pemanasan mampu membebaskan senyawa antioksidan tersebut, sehingga aktivitas antioksidan wortel masak jadi lebih tinggi.

Perlu diperhatikan, pemasakan wortel janganlah berlebihan, agar senyawa antioksidannya tidak rusak.

Berikut kandungan wortel dalam vitamin dan gizinya : 
- Nilai Kandungan gizi Wortel per 100 g (3.5 oz)
- Energi 173 kJ (41 kcal)
- Karbohidrat 9 g
- Gula 5 g
- Diet serat 3 g
- Lemak 0,2 g
- Protein 1 g
- Vitamin A equiv. 835 mg (93%)
- Beta-karoten 8285 mg (77%)
- Thiamine (Vit. B1) 0.04 mg (3%)
- Riboflavin (Vit. B2) 0,05 mg (3%)
- Niacin (Vit. B3) 1.2 mg (8%)
- Vitamin B6 0,1 mg (8%)
- Folat (Vit. B9) 19 mg (5%)
- Vitamin C 7 mg (12%)
- Kalsium 33 mg (3%)
- Besi 0,66 mg (5%)
- Magnesium 18 mg (5%)
- Fosfor 35 mg (5%)
- Kalium 240 mg (5%)
- Sodium 2,4 mg (0%)

Beberapa Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

1. Kesehatan Mata
Retina mata membutuhkan vitamin A untuk berfungsi, kekurangan vitamin A menyebabkan kebutaan malam. Wortel kaya akan beta-karoten, zat yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Pada retina, vitamin A berubah menjadi rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk penglihatan malam.


Selain itu, beta-karoten membantu melindungi terhadap degenerasi macular dan mencegah katarak. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak mengandung Beta-karoten memiliki risiko 40 persen lebih rendah dari degenerasi macular dibandingkan mereka yang mengonsumsi sedikit.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol
Penelitian oleh Robertson dkk menunjukkan mereka yang makan 200 g wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, kolesterolnya turun sebanyak 11%. Begitu juga penelitian yang dilakukan di Harvard University, AS. Mereka yang makan wortel 5 x seminggu, menurunkan risiko stroke hingga 68%. Sedangkan dari penelitian di Universitas Brussels diketahui vitamin A yang terkandung di dalam wortel dapat mencegah cacat dan kematian akibat stroke.

Diperkirakan penurunan kadar kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, jenis serat larut.

3. Mencegah Kanker
Penelitian yang dilakukan Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York menunjukkan orang yang tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru. Karenanya, beliau menganjurkan agar para perokok mengonsumsi wortel dan bahan makanan lainnya yang tinggi karoten untuk mencegah kanker paru. Ternyata, selain kanker paru, betakaroten serta senyawa lainnya yang juga bersifat antioksidan pada wortel dapat mencegah kanker mulut, tenggorok, lambung, usus, saluran kemih, pankreas, dan payudara. Untuk mendapat manfaat wortel sebagai antikanker, wortel perlu dimasak agar senyawa karotennya lepas. Dengan dimasak, kadar karotennya naik 2 - 5 kali lipat.

4. Mengatasi Sebelit
Serat yang terkandung pada wortel menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar.

Berikut diatas sudah Ast rangkum manfaat dari sayuran orange ini untuk Sobatku, sekarang apa lagi alasan kalian tidak mengkonsumsi wortel setiap hari Sob? (males belinya gw Ast! "asal jangan loe suruh gw aja yang jalan beli wortel buat lu!" "becanda Sob!") Semoga bisa membantu menanmbah pengetahuan Sobat semua, selamat siang, dan semoga hari Sobat menyenangkan... Tchüss...

Edited By : Aditya Von Herman
Sources : nyata.co.id, tipscaramanfaat.com, batangkidul.wordpress.com, manfaatdankandungan.blogspot.com, ayahbunda.co.id, manfaatnyasehat.blogspot.com, wikipedia.co.id



Artikel Terkait Education ,Health


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.