LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Minggu, 26 Juli 2015

HowAst: Cara Tenangkan Diri Di Saat Marah

Angry Gorilla


ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, Bismillah Hirrahman Nirrahim, Assalamualaikum Sobat selamat pagi semua. Tentu orang muda seperti kita-kita ini masih sering gereget atas kesabaran menghadapi hari-hari ya Sob. Jengkel ketika menyeberang jalan oleh para pengemudi apalagi motor yang sangat sering gak mau mengalah dengan pejalan kaki, jengkel ketika pulang kerja lelah dan orang-orang sekitar tidak mau mengalah alias mau pada menang sendiri karena mungkin sama-sama capek, terkadang kejadian-kejadian itu membuat kita ingin marah-marah saja. Sudahlah Sob akui saja kita orang muda wajar seperti itu.

Yang harus sobat ketahui adalah keika kita marah-marah tidak ada orang yang akan suka berurusan dengan gorila marah Sobat harus tahu apa yang harus dilakukan pada saat itu, dan apa yang harus dilakukan dalam jangka panjang untuk memastikan Sobat menjalani hidup yang santai dan tenang. Mari Sobat kita tenangkan diri sejenak, silahkan disimak :

Ketika Anda sedang menghadapi sebuah masalah yang memancing amarah Anda, cobalah untuk menenangkan diri dengan berjalan-jalan dan menjauh dari konflik itu. Bila Anda berada dalam konflik entah dengan siapa-siapa cobalah katakan "Saya mau pergi berjalan-jalan". Seorang bijak berkata: "Lebih baik pergi dengan ego teruka daripada muka yang terluka" kok begitu? Jika Anda menang itu tidak masalah tapi jika Anda kalah pikirkanlah pasti Anda akan rugi dua hal; pertama ego Anda dan kedua wajah Anda.

Ini cukup baik Sobatku, bila Anda rentan diserang amarah, besar kemungkinan reaksi pertama Anda tidak baik. Mungkin Anda ingin menendang mobil, memukul dinding, atau memanggil teman Anda dengan sebutan yang buruk. Dari pada berbuat demikian, tanyakan pada diri sendiri apakah itu baik dan membuahkan hasil, dan hentikan diri Anda bila sudah melakukannya. Pikirkan satu menit untuk mengerti bagaimana harusnya reaksi Anda dan pertimbangkanlah apa yang bisa membuat Anda tenang. Mungkin reaksi pertama Anda adalah kekerasan, merusak, dan sungguh tidak masuk akal. Jangan buat segalanya menjadi lebih buruk dengan menyerah pada amarah, Ast akui ini cukup bijaksana dan terimakasih untuk id.wikihow.com.

Tidak ada seorang pun yang tidak bisa untuk meneteskan air mata, entah dia pemimpin negara atau rampok yang sangat bengis sekali. Beberapa penelitian menyebutkan air mata dapat mengurangi rasa pedih yang manusia ataupun hewan sekalian rasakan. Jadi jika Anda sendiri menagislah untuk menyesali diri Anda sendiri. Bila Anda merasa berada di ambang air mata ketika sedang sendirian, keluarkan air mata Anda dan lihat bagaimana itu bisa membuat Anda merasa lebih baik. Meskipun Anda tahu menagis itu sebagian orang menyebut hal yang lemah apalagi laki-laki, taukah Anda? sehebat apapun dan setegar apapun Anda sekarang ini atau siapapun, sewaktu kita kecil dan lemah kita selalu menagis jika lapar, haus maupun sakit. Menagislah ketika tidak ada orang yang melihat jika kita merasa marah sekali atas suatu hal yang rumit.

Motivasi diri Anda, artinya ya, Anda bicara pada diri sendiri supaya tenang dan mengerti kesia-siaan amarah Anda. Hanya beberapa kata-kata kunci seperti, "Semua akan baik-baik saja," atau "Anda hanya marah tanpa alasan," bisa memberi pengaruh besar pada cara Anda memandang suatu situasi. Bila Anda sendirian, tentu saja cara ini bisa digunakan untuk membuat diri Anda lebih tenang.

"Sebagian orang takut sekali dengan kegelapan, padahal kegelapan itu benar-benar membantu menenagkan, apakah yang Anda takuti itu jika Anda tidak dapat melihat? Tapi percayalah mata Anda memang tertutup tapi mata hati Anda akan benar-benar terbuka dalam gelap". -Aditya Von Herman. Ruangan gelap membantu menghilangkan rangsangan visual yang membuat Anda marah. Duduk diam, tutup telinga, dan tunggu sampai napas kembali normal.

Ada beberapa teknik pernapasan yang dapat Anda lakukan untuk menenangkan diri, dan yang satu ini bagus untuk dicoba: tarik nafas dalam lewat hidung, kerucutkan bibir, hitung mundur dari sepuluh sambil menghembuskan nafas sepelan yang Anda bisa. Anda juga bisa berlatih mengambil nafas dalam lewat mulut dan keluarkan lewat hidung.

Wiki How menyatakan: Menghitung dengan suara lantang atau dengan bisikan dapat dengan cepat membuat Anda tenang dalam waktu kurang dari satu menit. Usahakan agar tubuh Anda juga tenang sehingga Anda hanya perlu berkonsentrasi pada hitungan. Fokus pada hal yang sederhana dan konkrit ini mencegah luapan amarah dan membuat Anda bisa menghadapi masalah dengan kepala dingin.

Itu semua tidak jadi maslah selama tidak merugikan siapapun dan saya tidak mau menjadi rasis hanya karena seorang muslim punya cara sendiri untuk memadamkan amarah. Berzikirlah jika Anda seorang Muslim yang baik, Allah melihat dan Dia akan memberi Anda kekuatan melawan amarah Anda sendiri dan menjauhkan dari hal yang lebih buruk.

Jika Anda pernah melihat film barat yang mana seorang jika sedang emosi ada saja yang dia ucapkan untuk menghilangkan amarahnya semisalnya wooosaaaa atau liburan ke paris atau saya besok akan membeli sebuah notebook baru dan itu semua diucapkan berkali-kali hingga diri merasa tenang. Apa hubungannya Ast? Baik, itu adalah bagian dari tekhnik menenangkan diri dengan mengingat kata-kata baik atau hal-hal baik yang akan dilakukan jika Anda bisa tenang dan menjauhi amarah atau mungkin Anda ingat dia? Saya pikir tidak ada seorang pria yang besok berencana kencan dengan kekasihnya datang dengan wajah lebam akibat amarah yang tidak terkendali ;). So bijaklah atas kemarahan Anda.

Bila Anda merasa terlalu mendidih oleh amarah, silakan berpamitan, bahkan seandainya Anda tidak bisa memikirkan alasan lain selain rasa marah. Meluapkan amarah pada orang lain tidak hanya akan membuat mereka marah pada Anda, tetapi juga akan menyebabkan masalah besar. Jadi cobalah untuk menjauh dan biarkan mereka tahu bahwa Anda sedang marah. Tidak ada yang ingin menghadapi Anda ketika Anda sedang marah dan menjauh adalah cara tercepat untuk mengubah suasana dan mendinginkan kepala. Anda bisa mengatakan, "Permisi sebentar," atau "Mari kita lanjutkan ketika saya sudah punya waktu untuk berpikir."

Tutup mata dan bayangkan hal-hal atau tempat yang indah yang Anda ingin sekali dapat mencapainya. Bisa tempat indah sewaktu Anda kecil, pantai, danau atau mungkin hutan yang tenang penuh hiasa tumbuh-tumbuhan kecil berbunga. Fokus pada setiap detil. Semakin banyak detil yang Anda lihat, semakin banyak kemarahan yang Anda hapuskan dari pikiran.

Musik menenangkan dari penyanyi favorit Anda mungkin bisa membuat Anda tenang dan memperbaiki suasana hati. Musik terbukti dapat membuat Anda merasakan satu emosi tertentu dan mengingatkan pada kenangan lama ketika mendengarnya. Musik klasik dan jazz khususnya sangat menolong untuk membuat orang tenang, tapi Anda harus menemukan yang bisa berhasil untuk Anda.

"Seorang muslim yang rasial berkata: MUSIK ITU HARAM!!! Dengan bodohnya dia tidak menyadari dalam Islam kami juga bersyair untuk menyebarkan agama". -Aditya Von Herman. Ayolah muslimin kita sudah terhina dan buruk dimata dunia Anda yang rasial kerjaanya menebar kebencian dan amarah saja, ketahuilah musik yang dilarang adalah musik yang bersyair kotor dan membangunkan syahwat. Tidak ada maslah dengan musiknya masalah ada pada Anda kenapa Anda tidak belajar???

Bila Anda memperburuk perasaan dengan berpikir, "Saya ingin mati" atau "Saya benci diri sendiri", Anda tidak hanya menurunkan harga diri, tetapi juga menyakiti orang-orang di sekitar Anda. Tidak ada yang ingin mendengar Anda menyakiti atau jahat pada orang lain, apalagi pada diri sendiri. Tutup mata, hapus semua pikiran negatif, dan pikirkan setidaknya 3 hal positif. Pikiran positif itu bisa jadi merupakan sisi positif dari masalah yang Anda cemaskan, atau hanya pikiran tentang sesuatu yang Anda tunggu-tunggu atau sesuatu yang membuat Anda bahagia.

Hidupkan lingkungan sekeliling Anda, bisa juga Anda menanta rumah sedemikian rupa hingga terlihat rapih dan tertata baik, memajang foto-foto bersama dia atau teman-teman baik anda, jika tidak bisa juga mandilah dari ujung rambut sampai ujung kaki bersihkahlah, insya Allah ada ketenangan jika diri Anda bersih dengan dikelilingi lingkungan yang baik.

"Menulis adalah suatu cara manusia menuangkan apa yang ada dalam pikiran dan perasaannya". -Aditya Von Herman. Buat journal untuk kejadian-kejadian dalam hidup Anda Sobatku yang bijaksana, orang-orang hebat itu mereka menulis semua emosi yang mereka alami. Senang, sedih, sial, gembira, marah, cinta dan moment yang berhubungan dengan emotional mereka pribadi. Saya laki-laki Ast masa pake journal? Baik Sobat laki-laki, journal itu tidak bergender dan tidak ada hubungannya dengan pria maupun wanita kita semua mempunyai perasaan yang sama tentang sedih, senang, amarah, cinta, dll jadi orang bijak banyak dari mereka melakukan saja dan jawaban ada dalam melakukan. Just do it (lakukan saja).

Ini dimaksudkan untuk menyalurkan emosi amarah Sobat supaya lebih terarah dan digunakan untuk hal yang positif, suatu saat Sobat iseng dan membaca journal kembali Anda akan seperti kembali lagi ke dalam keadaan tertulis. It's a memory flashback.

Berkata-kata baik akan sangat membantu bagi siapapun dalam segala kondisi apapun, Rasulullah dapat menyebarkan Islam karena budi pekerti dan halus tutur katanya walaupun beliau sedang emosi. Ini semua ada keuntungannya bagi Anda Sob, jika Anda marah seakan Anda ingin meluncurkan kata-kata dan tindakan apa-apa saja yang terpikir oleh Anda, begitu juga saya. Tapi saya tahu Anda dan saya adalah orang yang cukup bijaksana dan terhormat berwibawa untuk sekedar berbuat bodoh dengan cara itu, kita bisa membalasnya tapi akan lebih terhormat dan berwibawa jika Anda bisa berkata-kata santun dan pergilah menjauh.

Jika Anda pikir menjauh bukan cara yang baik bagi Anda maka selesaikanlah, mau Ast berikan contoh? Katakan kepadanya seperti diawali kata-kata yang positif tentang dirinya walaupun Anda harus mengarangnya. Hal ini bertujuan menekan turun emosi lawan,

"Saya lihat Anda orang yang santun dan baik, dan saya yakin Anda punya banyak kebijaksanaan untuk menyelesaikan masalah kita ini, jadi mari kita berbicara baik-baik". :)

"Untuk hal itu Anda mungkin benar, tapi akan lebih terlihat benar lagi jika kita bisa membicarakan masalah ini dengan tanpa emosi, lagi pula saya lihat Anda orang yang cukup dewasa atas hal-hal seperti ini, baik mari kita bicara dengan santai". :)

Bagaimana? Sob, lihat Anda tembak jatuh dia dengan kedamaian Anda memandang suatu masalah coba tebak siapa pemenangnya dalam hal mentalitas? Dia yang akan emosi dan marah setidaknya malu dengan kesopan santunan Anda sebagai pria sejati dan usahakan jangan ucapkan "maafkan saya jika saya salah" atau hal-hal yang membuat harga diri Anda jatuh. Ini tidak mudah saya juga butuh waktu selamanya untuk belajar Sobatku.

Sobatku yang baik hatinya, Anda tidak akan bisa melakukan hal-hal diatas jika Anda belum ikhlas. Tidak mengapa keikhlasan itu bunkan perkara yang hari ini bicara dan hari ini ikhlas. Semua ada prosesnya jika Anda memulainya sekarang tahun depan Anda sudah menang banyak.

Saya Aditya Von Herman, terima kasih sudah berkunjung semoga artikel dalam blog ini tetap menjadi kebaikan untuk kita semua. Selamat berhari minggu dan selamat menikmati hidup Anda dalam kedamaian.

Written By : Aditya Von Herman
Time To Write Article : 8:00AM - 10:15AM
Source : relevantquestions.blogspot.com, 



Artikel Terkait Psikologis Dan Kejiwaan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.