LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Sabtu, 24 Oktober 2015

HowAst: Bagaimana Cara Solder Komponen Yang Benar

Proses penyolderan komponen dengan solder bermata dua

ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, Bismillah Hirrahman Nirrahim, Assalamualaikum selamat pagi. Mungkin bagi kalian yang telah lulus atau sudah ahli dalam bidang soldering komponen elektronika hal-hal seperti menyolder komponen yang benar itu sudah diluar kepala. Nah, bagaimana jika orang awam yang sedang mendalami atau berusaha menyolder komponen kebingungan, bagaimana sih cara menyolder yang benar? Baiklah Sobat mari disimak :

Soldering (proses menyolder) didefinisikan dengan menggabungkan beberapa logam (metal) secara difusi yang salah satunya mempunyai titik cair yang relatif berbeda. Proses menyolder biasanya diaplikasikan pada peralatan elektronik untuk menempelkan atau menggabungkan komponen elektronika pada papan circuit (PCB).

Perhatian !!!
- Dalam menyolder komponen elektronika perlu diperhatikan komponen apa yang Sobat akan solder jika dalam penyolderan komponen IC (Integrated Circuit) diperhatikan bahwa komponen ini sangat rentan sekali terhadap panas yang berlebih. Gunakanlah metode penyolderan yang bijak, jika solder yang Sobat gunakan berkisaran daya 40 Watt keatas solder komponen IC tersebut dengan cara tempelkan mata solder jangan terlalu lama cukup kira-kira dua detik angkat mata solder hal ini wajib diperhatikan untuk menghindari kelalaian diri sendiri terhadap rusaknya komponen IC karena kepanasan.

Membersihkan Kaki-Kaki Komponen

Misalkan jika Sobat hendak menyolder komponen resistor atau elco langkah pertama yang Sobat (langkah ini tidak wajib hannya untuk memastikan komponen tersolder dengan baik) perhatikan selanjutnya adalah kaki-kaki dari komponen tersebut. Pengalaman yang Ast sudah alami dalam proses menyolder adalah kaki-kaki komponen yang tersolder kurang baik jika kakinya tidak diampelas dahulu entah menggunakan benda tajam seperti cutter atau ampelas biasa.

Gunakan Cairan Flux Untuk Mempermudah Proses Penyolderan

Solder Flux

Flux adalah senyawa yang bersifat korosif dan berfungsi untuk menghilangkan lapisan oksidasi dari permukaan benda yang disolder, mencegah pembentukan lapisan oksidasi baru saat disolder dan menurunkan ketegangan permukaan (surface tension) timah solder cair.

Dengan flux ini Sobat akan dipermudah dalam mensolder komponen elektronika karena timah akan lebih flexible dan matang merata menutupi kaki komponen dengan PCB nya. 

Pemasangan Komponen Yang Benar

Pemasangan komponen 


Pemasangan komponen pada PCB, yaitu dengan cara menancapkan kaki-kaki komponen tersebut pada lubang PCB dengan membengkokkan kakinya lebih kurang 45o supaya komponen tersebut tidak terlepas dan untuk mempermudah pada waktu menyoldernya.

Cara penyolderan yang benar


Dalam penyolderan yang benar adalah timah solder yang berbentuk gunung dengan ketinggian 0,75mm (perhatikan baik-baik gambar disamping).

Cara Solder Komponen Yang Benar

Langkah penyolderan komponen yang benar


Lihat gambar diatas, disini Ast akan coba menerangkan proses yang diilustrasikan diatas secara teknik. Pertama tempelkan mata solder (diatas tertulis paku solder) disamping kaki komponen yang hendak Sobat solder, lalu berikan timah dalam proses ini mata solder harus diam (ingat harus diam alias tidak bergerak) yang bergerak adalah kawat timah (diatas tertulis timah solder). Jika dalam praktek ada bagian pada titik solder yang kurang teraliri timah lakukan hal yang sama seperti teknik diatas.

Kenapa kok demikian Ast??? Baik, dalam penyolderan orang awam mereka tidak paham bagaimana solderan yang matang dan yang bantat, dengan cara yang Ast terangkan, lagkah-langkah tersebut mencegah solderan bantat dan tetap menjaga panas pada titik solderan dengan tidak memindahkan mata solder dari titik solderan, jadi timah yang mencari solder bukan solder mencari timah.

Jenis-jenis solderan yang bagus dan buruk


Berikut diatas jenis solderan yang mana gambar pertama adalah solderan yang benar melekat pada papan PCB nya.

Semoga bisa membantu dalam tugas dan pekerjaan Anda, salam sejahtera Aditya Von Herman.

Rewrite By : Aditya Von Herman
Time To Write Article : 7:00-8:40 AM
Source : en.wikipedia.org, lesitu.com, grosirsparepartmurah.wordpress.com, dehagoblog.blogspot.com, sitikomariyah2013.blogspot.co.id



Artikel Terkait Reparation


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.