LISTEN TO THIS
DENGAR INI

After poorness there will be richness, after being thirsty there will be freshness, after parting there will be a meeting, after rift there will be adhesiveness, after disconnect will being reconnected and after you cannot sleep at night you could be sleep well after it.

Setelah kefakiran itu ada kekayaan, setelah kehausan akan ada kesegaran, setelah perpisahan akan ada pertemuan, setelah keretakan akan ada kerekatan, setelah terputus akan tersambung kembali dan setelah tidak tidur malam Anda akan dapat tidur pulas.

I knew something in this life, is not necessary need to be strong but to feel strong...

Saya tahu sesuatu dalam hidup, adalah tidak penting untuk menjadi kuat tetapi bersikap kuat...

Wir Eingeschlagen Haben Und Zu Weit Zurück Zu Gehen, Gehen Sie Auf!

Kita Sudah Memulai Dan Terlalu Jauh Untuk Kembali, Lanjutkan!




Sabtu, 11 Juni 2016

Hawaii dan Faktanya

Traditional hula dancers and their instruments (obrhi.com)

ASTERPRESCOTT.BLOGSPOT.COM, Bismillah hirrahman nirrahim.

Fakta Tentang Hawaii

Salah satu fakta tentang kepulauan Hawaii yang sebelumnya kalian harus ketahui bahwa, orang-orang Hawaii adalah sekumpulan bangsa yang merdeka sebelum masuk negara bagian Amerika yang ke-50.

Pada 17 Januari 1893, penggulingan pemerintah Hawaii secara ilegal berlangsung. Marinir AS dari USS Boston, dua perusahaan pelayaran AS, dan Menteri AS John L. Stevens mendarat di Honolulu Harbor dan bersama dengan pengusaha Amerika Serikat dan Eropa melakukan kudeta ilegal pada Ratu Lili’uokalani.

Hawaii dianeksasi sebagai wilayah AS pada tahun 1898, bersama dengan 1,2 juta hektar tanah Hawaii yang dulu dimiliki oleh kerajaan dan bangsa Hawaii. Tidak ada kompensasi yang dibayarkan kepada siapapun oleh pemerintah AS.

Segera setelah penggulingan itu, hukum baru dibuat untuk menyatakan bahwa mengajar di sekolah-sekolah menggunakan bahasa selain bahasa Inggris adalah ilegal. Anak-anak akan dihukum di sekolah jika berbicara menggunakan bahasa Hawaii. Mereka yang berbicara dalam bahasa Hawaii di rumah akan dipandang rendah. Penindasan budaya dan bahasa secara sistematis berlangsung selama beberapa dekade, dan bahasa itu hampir hilang.

Ketika amandemen konstitusi disahkan di Hawaii pada tahun 1978, penggunaan bahasa Hawaii di sekolah-sekolah diperbolehkan.

Queen Lili'uokalani


Lagu “Aloha Oe” yang ia ciptakan pada tahun 1878. Lili’uokalani menulis “Aloha Oe” sebagai lagu cinta, dan sekarang sering dinyanyikan sebagai lagu perpisahan. Lili’uokalani adalah seorang ratu sebelum Amerika menggulingkannya secara illegal.

Pemerintah teritorial akhirnya memberikan jatah pensiun tahunan sebesar 4.000 dolar AS padanya. Amerika Serikat tidak pernah memberinya kompensasi atas tanah pribadi yang diambilnya. Lili’uokalani meninggal dunia pada tahun 1917 pada usia 79 tahun. Dalam wasiatnya, ia memerintahkan agar semua barang miliknya dijual dan hasilnya disumbangkan pada yayasan Queen Lili’uokalani Children’s Trust yang mengurusi anak-anak yatim dan fakir. Yayasan itu masih beroperasi hingga hari ini.

Hukum Publik 103-150 disahkan melalui resolusi bersama Kongres pada tahun 1993 untuk memperingati 100 tahun penggulingan illegal atas bangsa Hawaii, yang antara lain Amerika Serikat meminta maaf kepada penduduk pribumi Hawaii atas penggulingan kerajaan Hawaii pada tanggal 17 Januari 1893.

Pada abad ke-19 mereka dihancurkan oleh wabah penyakit hingga menyisakan kurang dari 40.000 orang yang selamat. Pada abad ke-20 mereka terjajah, hidup menderita, dan kehilangan tanah airnya yang direbut negara adi daya. Meskipun populasi pribumi Hawaii sekarang hanya tersisa 12%, mereka terus bekerja untuk menemukan tempat yang layak di era Hawaii modern ini.

Gubernur John Waihe’e adalah gubernur terpilih pertama dari Hawaii yang merupakan keturunan asli Hawaii. Ia menjabat pada periode 1986-1994.

Pada tahun 1987, pengajaran dalam bahasa asli Hawaii dimulai lagi di sekolah umum. Saat ini ada 21 sekolah umum imersi Hawaii di negara bagian Hawaii. Siswanya berasal dari berbagai ras yang memilih untuk mempelajari semua mata pelajaran menggunakan bahasa Hawaii.

Kebangkitan budaya Hawaii -bahasa, tari, seni, adat istiadat- dimulai pada tahun 1970-an dan berlanjut hingga hari ini.

Penduduk Hawaii asli terus berjuang untuk mendapatkan kembali pemerintahan sendiri dalam beberapa bentuk, serta kompensasi yang sah atas penggulingan ilegal dan bangsa mereka yang hilang.

Summarized and Edited By : Aditya Von Herman
Time To Post : 20160414 (08:00 AM)-20160611 (7:16 AM)
Sources : http://www.kembangpete.com/2014/06/12/fakta-fakta-penting-tentang-penduduk-asli-hawaii/, https://sfs-ushistory.wikispaces.com/file/view/1883d1.jpg/330908098/268x356/1883d1.jpg



Artikel Terkait Rangkuman Dunia Dan Pengetahuan Umum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentar yang baik atau lebih baik diam. Dilarang keras untuk iklan yang berbau judi, pornografi dan syirik! Jika terpaksa Anda inginkan iklan juga, di sebelah samping kanan ada text box silahkan iklankan kehendak Anda disana. Terima kasih atas pengertian Anda. Semoga Allah merahmati Anda...

-Aditya Von Herman

Über Mich

Foto saya

Herman is a student from University of BSI Margonda Depok, Indonesia major of Computer Engineering. He is the author of www.asterprescott.blogspot.com, www.explorejakartahere.blogspot.com as an article publisher, administrator and moderator on his own personal web blog since February 2013.